Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Terintegrasi Pada Sekolah Menengah Tingkat Pertama

Ridwan Raafi’udin(1*), Catur Nugrahaeni Puspita Dewi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi pada sekolah menengah tingkat pertama. Saat ini beberapa sekolah telah menggunakan aplikasi pengolahan berbasis komputer offline seperti aplikasi pengolahan nilai dengan spreadsheet atau berbasis web dengan standalone komputer, namun ada juga yang masih menggunakan kertas sebagai data transaksi proses administrasi. Akibatnya guru sering kali terlambat dalam pengumpulan nilai siswa, pimpinan sekolah sulit untuk mengontrol aktivitas guru dan prestasi siswa, dan siswa sering kali mendapat nilai yang tidak objektif. Kondisi tersebut dapat menggangu proses pendidikan yang dapat menurunkan tingkat perolehan prestasi akademik siswa. Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan suatu model sistem informasi terintegrasi untuk mengelola administrasi sekolah, diantaranya input nilai oleh guru yang berbasis web dan berbasis mobile dengan tampilan yang user-frinedly, sistem kontrol berupa dashboard akademik untuk mengontrol aktivitas guru, memantau perkembangan prestasi siswa, serta menghasil modul integrasi dengan sistem eksternal. Dengan pemanfaatan sistem informasi tersebut, maka guru tidak lagi direpotkan dengan membuat laporan hasil nilai siswa, memudahkan pimpinan mengawasi aktifitas guru sehingga mudah memberikan reward and punishment, siswa tidak lagi dirugikan oleh nilai yang bersifat subjektif. Dengan demikian proses belajar mengajar yang mendukung dapat memberikan kontribusi terhadap naiknya taraf pendidikan pada sekolah tersebut.

Keywords


Sistem Informasi Sekolah, Sistem Informasi Terintegrasi, SDLC

Full Text:

PDF

References


Ajireswara, Anindito. 2011. Penggunaan Kerangka SDLC dalam Mengembangkan Databas Managemen System, (Tesis). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Alamsyah. 2011. Sistem Informasi Nilai Siswa Sekolah Dasar Sebagai Penunjang Dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal SMARTek, Vol. 9 No. 4. Halaman 287 – 299.

Dennis, Alan, at.al. 2009. "Systems Analysis and Design with UML – 3rd Edition". John Wiley & Sons, Inc.

Hartadi, Lupiyo. 2012. Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Siswa Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL Di SMA N 1 Tayu. (Skripsi). Fakultas Teknik Universias Negeri Yogyakarta.

Jogiyanto, H. M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Jogyakarta: Andi.

Kadir, Abdul. 2013. “Pengenalan Sistem Informasi”, Andi Offset, Yogyakarta.

Mansur, Kasmawi. 2012. Perancangan Sistem Informasi Sekolah Tingkat Sltp Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Berbasis Web. Jurnal Inovtek Volume 2, No Halaman 119-128.

Nugrahaeni, Catur. 2016. Pengembangan Sistem Perpustakaan Terintegrasi Pada Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jakarta. Jurnal Ilmu Komputer, Vol. 1 – No. 1 Halaman 13 – 27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal TI Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang