PEMANFAATAN APLIKASI E-TABUNGAN UNTUK PENCATATAN TABUNGAN DI KOPERASI SERBA USAHA SANJAYA – BANYUWANGI

Faruk Alfiyan(1*), Rifki Indriyani(2)

(1) Program Studi Teknik Informatika STIKOM PGRI Banyuwangi Jl. Ahmad Yani, 80 Banyuwangi Telp/Fax 0333 417902
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Koperasi Serba Usaha SANJAYA merupakan koperasi yang kegiatan usahanya mencakup berbagai segi ekonomi, seperti bidang komsumsi dan peminjaman modal yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi yang bertujuan untuk mendukung kegiatan usaha ekonomi rakyat bawah dan kecil. Namun demikian dalam hal pencatatan tabungan anggotanya masih menggunakan pencatatan manual dalam sebuah buku. Hal ini tentu sangat tidak efisien dan kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan akibat human error juga sangat besar sekali. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya sebuah aplikasi khusus yang dapat digunakan sebagai alat bantu pencatatan tabungan anggotanya. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memaksimalkan pencatatan data tabungan pada Koperasi Serba Usaha Sanjaya - Banyuwangi sehingga dapat menghasilkan data tabungan yang lebih baik.


Keywords


Aplikasi, Tabungan, Koperasi, Sanjaya, Banyuwangi

References


G. Hasransyah, S. Asmapane, and F. Diyanti, “Analisis perlakuan akuntansi aset tetap dan pengaruhnya terhadap laporan keuangan,” KINERJA, vol. 14, no. 1, p. 31, 2018, doi: 10.29264/jkin.v14i1.2447.

S. Hidayatuloh, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Keuangan Pada Koperasi Lancar Jaya,” Stud. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1–18, 2015.

F. Alfiyan, “Pemanfaatan Website Sebagai Media Lelang Karya Seni di Kampung Kaempuan - Banyuwangi,” ABDIMASTEK, vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2020.

F. Alfiyan, “Pemanfaatan QR-Code Untuk Inventarisasi Peralatan Di SMKN Ihya ’ Ulumudin – Singojuruh Kabupaten Banyuwangi,” JPMM, vol. 1, no. 2, pp. 31–39, 2019.


Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi)

License URL: http://creativecommons.org/licences/by/4.0