PENDAMPINGAN PENGGUNAAN E-VOTING UNTUK MEMILIH FUNGSIONARIS MAJELIS SINODE XXI GPIB

Yohanes Setiawan Japriadi(1), Ellya Helmud(2), Lukas Tommy(3*), Dian Novianto(4), Franli Chandra Thian(5), Cindy Aprilia(6)

(1) ISB Atma Luhur
(2) ISB Atma Luhur
(3) ISB Atma Luhur
(4) 
(5) ISB Atma Luhur
(6) ISB Atma Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


GPIB setiap 5 tahun mengadakan persidangan sinode untuk memilih fungsionaris Majelis Sinode. Pemilihan fungsionaris Majelis Sinode XXI GPIB di tahun 2021 akan dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemi Covid-19 dan efisiensi biaya. Sebelum pendampingan ini dilaksanakan, telah dikembangkan sebuah aplikasi e-voting untuk mendukung pelaksanaan pemilihan tersebut. Simulasi penggunaan dari aplikasi tersebut kemudian dilakukan kepada peserta dan panitia pemilihan sebelum pemilihan yang sebenarnya diadakan. Proses pendampingan yang dilakukan meliputi briefing penggunaan aplikasi kepada peserta dan panitia sebelum pemilihan dilakukan dan monitoring saat proses pemilihan berlangsung serta penghapusan data pemilihan setelah pemilihan selesai. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa aplikasi e-voting dapat membuat proses pemilihan menjadi cepat dan meminimalkan biaya yang dikeluarkan serta aman dari resiko penyebaran virus Covid-19. Selain itu, pendampingan yang dilakukan membuat peserta dan panitia pemilihan menjadi lebih terampil dalam menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi e-voting sesuai dengan peran masing-masing.

Keywords


E-voting; GPIB; Majelis Sinode; Pemilihan; Pendampingan

References


Boiliu FM. Peran Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya dalam Menangkal Radikalisme Agama di Indonesia. J Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2020;6(2):38–51.

Pattiasina TJ, Sutjiadi R, Noviadji BR, Trianto EM, Adiwena B, Bangsawan A, Setyoadi ET. Pelaksanaan Ibadah Minggu (Live Recording & Live Streaming) di GPIB Bahtera Hayat Surabaya. Komatika J Pengabdi Kpd Masy. 2021;1(1):01–5.

Lebang AH. Spiritualitas Pemuda dan Kesiapannya Menjadi Presbiter di Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat "Immanuel" Makassar. Syntax Lit J Ilm Indones. 2020;5(9):751–74.

Pesik YY. Menelusuri Jejak Misi Teologi Interkultural Dalam Pelayanan Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID). Tepian J Misiologi Dan Komun Kristen. 2021;2(2):1–14.

Putri JT. Peran Guru Pendamping Belajar Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19 untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. In: PISCES (Proceeding of Integrative Science Education Seminar). Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo; 2021. p. 533–45.

Tommy L, Japriadi YS, Putra RRC, Novianto D, Juniawan FP, Sylfania DY. Peningkatan Keahlian Siswa dalam Menggunakan Software Editing Multimedia pada SMK Bakti Pangkalpinang. Abdiformatika J Pengabdi Masy Inform. 2021;1(1):18–25.

Insiyah S, Nugraha X, Danmadiyah S. Pemilihan Kepala Daerah Oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah: Sebuah Komparasi Dengan Pemilihan Secara Langsung Oleh Rakyat. Supremasi Huk J Penelit Huk. 2019;28(2):164–87.

Limbong T, Sitorus L, Sitohang O. Pengembangan Model Rapid Application Development (RAD) dalam Aplikasi E-Voting Pemilihan Bakal Calon Rektor saat Masa Pandemi Covid 19. MEANS Media Inf Anal dan Sist. 2020;5(2):126–31.




DOI: https://doi.org/10.32736/abdimastek.v3i1.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi)

License URL: http://creativecommons.org/licences/by/4.0