PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMKN 1 KOBA BIDANG IT SOFTWARE TAHUN 2019

Hadi Santoso(1*), Hilyah Magdalena(2), Eza Budi Perkasa(3), Elly Yanuarti(4)

(1) STMIK Atma Luhur
(2) STMIK Atma Luhur
(3) STMIK Atma Luhur
(4) STMIK Atma Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


Lomba Keterampilan Siswa merupakan salah satu tolak ukur dalam meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia. Lomba tersebut dapat diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam kegiatan perlombaan, setiap siswa akan dibina atau didampingi oleh guru masing-masing. Pengabdian masyarakat kali ini dilakukan untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru pembina/pendamping dalam penyampaian materi lomba kepada siswa-siswanya, khususnya di bidang IT Software. Peserta pengabdian ini adalah perwakilan guru dari SMKN 1 Koba. Pengabdian dilakukan dengan memberikan materi berupa presentasi, studi kasus sederhana, ataupun demo pembuatan program dan database secara langsung. Selain itu, untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta, diberikan evaluasi di akhir sesi. Diharapkan setelah kegiatan pengabdian ini, para guru dapat membina siswanya dengan lebih baik sehingga dapat membawa nama baik sekolah ke tingkat nasional

Keywords


Lomba Keterampilan Siswa; IT Software; Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Joko Widodo. Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi Sekolah Menegah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. 2016.

M. Bakrum. Buku Pedoman Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional XXVII 2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019.

Tim Penulis. Kisi-Kisi LKS SMK XXVI Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018.




DOI: https://doi.org/10.32736/abdimastek.v1i1.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi)

License URL: http://creativecommons.org/licences/by/4.0