PELATIHAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA SEBAGAI PENGEMBANGAN PENGETAHUAN DI BIDANG MULTIMEDIA

Delpiah Wahyuningsih(1*), Parlia Romadiana(2), Chandra Kirana(3)

(1) STMIK Atma Luhur
(2) STMIK Atma Luhur
(3) STMIK Atma Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelatihan desain grafis ini memberikan pengetahuan, meningkatkan kompetensi dan pelatihan untuk siswa-siswi SMKN 1 Pangkalpinang dalam pemahaman secara teori penggunaan warna, maksud dan tujuan dari desain serta mempraktekkan pembuatan desain untuk di terapkan ke masyarakat. Pengabdian ini menerapkan metode Praktikum langsung terhadap siswa-siswi dalam pembuatan desain dengan desain bertema keamanan lalu lintas. Hasil dari pengabdian ini yaitu siswa-siswi mengetahui penggunaan adobe illustrator yang sebelumnya belum pernah mereka lakukan, mampu membuat desain berupa spanduk dan banner yang bertema keamanan lalu lintas. Untuk mencapai lulusan pada jurusan Multimedia mampu membuat desain grafis dari berbagai software, salah satunya penggunaan adobe illustrator. Pelatihan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas sepuluh jurusan multimedia sebanyak satu kelas yang berjumlah 37 orang dan pelatihan ini dilakukan selama dua hari.

Keywords


Pengetahuan Siswa, Kompetensi Siswa, Desain Grafis

Full Text:

PDF

References


Wahyuningsih, Delpiah, dkk. Pelatihan Website untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMPN9 dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SNPMas) STMIK Dipanegoro Makasar. 2019; Desember: 314-319.

Adinata, I Wayan, dkk. Pengembangan Komik Pembelajaran Fisika Berbasis Desain Grafis. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF). 2015; Vol 3 (No 5): 109-117.

Nugrahani, Rahina.Peran Desain Grafis Pada Label dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Jurnal Imajinasi. 2015; Vol 9 (No 2): 127-136.




DOI: https://doi.org/10.32736/abdimastek.v1i1.838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi)

License URL: http://creativecommons.org/licences/by/4.0