Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi untuk Membantu Mengontrol Stok dan Meningkatkan Layanan kepada Pelanggan

Susana Limanto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Toko “X” menjual berbagai macam bahan dan peralatan pembuatan kue di sebuah kota Jawa Timur. Selama ini, administrasi penjualan dan pembelian dilakukan hanya sebatas nota. Hal ini mengakibatkan toko kesulitan untuk mengontrol stok yang ada dan mengurangi kepuasan pelanggan. Saat melayani pelanggan, pegawai harus melihat langsung ketersediaan stok sehingga pelanggan harus sabar menunggu, beberapa pesanan dari pelanggan tidak dapat terpenuhi karena harus menunggu untuk dipesankan, adanya bahan yang sudah kadaluarsa, dan jumlah pembelian ke pemasok dilakukan sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Permasalahan yang ada dapat mengakibatkan toko kehilangan pelanggan dan mengalami kerugian. Untuk itu dikembangkan sebuah aplikasi untuk membantu mengontrol stok dan meningkatkan layanan pelanggan. Aplikasi yang dibuat, memberikan berbagai notifikasi dan laporan yang dapat membantu mengontrol stok dan meningkatkan layanan pelanggan. Notifikasi merupakan signal bagi pemilik untuk segera melakukan penambahan stok, mengantisipasi bahan yang akan kadaluarsa, dan menyelesaikan pesanan pelanggan. Laporan yang ada dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah pembelian ke pemasok sehingga pesanan pelanggan dapat terpenuhi dengan cepat dan mengontrol stok guna menghindari kemungkinan hilangnya stok. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan bermanfaat untuk mengontrol stok yang ada sehingga mengurangi resiko terjadinya kerugian dan meningkatkan layanan pelanggan dengan cara mengurangi waktu pelayanan dan pemenuhan pesanan, mengurangi jumlah stok yang terbuang karena kadaluarsa, memperkirakan jumlah pembelian, menghindari antrian pelanggan, membantu pelanggan dalam menentukan produk yang dibeli dan mendapatkan informasi mengenai produk baru.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Mardalis. Meraih Loyalitas Pelanggan. Benefit. 2005; 9(2): 111-119.

Fasochah, Harnoto. Strategi Kepuasan Pelanggan dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi. 2014; 21(36): 72-86.

Sholeh Hadi Setyawan, Dhiani Tresna Ansari, Susana Limanto, Andre. The Design of Mobile Application for Teacher and Parents Communication in Indonesian School. Matec. 2016; 58(03016).

Susana Limanto, Ellysa Tjandra. Improving Efficiency and Effectiveness of Consultation Process Between Lecturers and Students Through an Information System Software Based Intranet. Jurnal Sistem Informasi. 2011; 7(2): 102-109.

Andre, Susana Limanto. Peningkatan Layanan Kesehatan Sekolah Taman Kanak-kanak ‘X’ melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Eltek. 2014; 12(2): 1-15.

Susana Limanto, Richard Pramono, Amelia Winda Ristiyana. Aplikasi Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Organ Tumbuhan. JUISI "Jurnal Informatika dan Sistem Informasi". 2017; 1(2): 43-50.

Josimeire Pessoa de Queiroz, Braulio Oliveira. Benefits of the marketing information system in the clothing retail business. JISTEM Journal of Informations System and Technology Management. 2014; 11(1): 193-214.

Dmitrij Lipaj, Vida Davidavičienė. Influence of Information Systems on Business Performance. Science – Future of Lithuania / Mokslas – Lietuvos Ateitis. 2013; 5(1): 38–45.

Hans Surya A., Ellysa Tjandra, Susana Limanto. Pembuatan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan pada Toko Plastik ‘X’ yang Dilengkapi Peramalan Pembelian. Tugas Akhir. Surabaya – Universitas Surabaya; 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.