Aplikasi Pelayanan Masyarakat Terhadap Pencemaran Lingkungan Pada Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kabupaten Tangerang

Nur Azizah(1*), Euis Siti Nur Aisyah(2), Ajeng Ananda(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini khususnya dibidang informasi dan komunikasi sudah berkembang sangat pesat terutama dalam pelayanan masyarakat. Masyarakat akan selalu membutuhkan perhatian dari pemerintah agar masyarakat mendapatkan kenyamanan dengan kualitas yang lebih baik. Peranan dari pelayanan masyarakat dan kebijakan pemerintah sangatlah penting. Pemerintah akan dikatakan baik apabila dapat mengelola, menjalankan pelayanan dan kebijakan dengan baik. Tetapi pada saat ini permasalahan tentang pelayanan masyarakat masih banyak terjadi dan pemerintah pada daerah banyak mengalami kesulitan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada. Pemerintah membutuhkan sistem yang bisa membantu masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien dalam pengaduan pencemaran lingkungan di daerah Kabupaten Tangerang. Seperti yang diketahui di Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kabupaten Tangerang saat ini pelayanan masyarakatnya masih sangat manual. Maka dari itu penulis membuat aplikasi pelayanan masyarakat terhadap pencemaran lingkungan secara online berbentuk website dengan menggunakan analisa SWOT, Unified Modeling Language (UML), wawancara, metode prototype, metode testing dengan menerapkan black box untuk meningkatkan kualitas yang lebih maksimal lagi dalam pelayanan terhadap pencemaran lingkungan. Oleh karena itu penulis merancang sistem informasi untuk pelayanan masyarakat terhadap pencemaran lingkungan agar masyarakat lebih peduli kepada lingkungan sekitar dan pemerintah lebih mudah untuk berinteraksi kepada masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Ariany, Ria dan Putera, Roni Ekha. 2013. Analisi Kinerja Organisasi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan Publik di Kota Pariaman. Bandung: MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan. Vol. 29. No.1.

Purnomo. Dwito, dkk. 2013.Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran Di Sungai Pepe Surakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Surakarta: Pendidikan Biologi. Vol. 5, No. 1.

Putri, Ghina Manggala Hadis. 2013. Fungsi Badan Lingkungan Hidup Daerah Terhadap Pemberian Proper Dalam Bidang Pertambangan Di Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Hasanuddin.

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.