Analisis Integrasi Sistem Aliran Rantai Pasokan Tembakau di PT. Gudang Garam, Tbk.

Harrizki Arie Pradana(1*), Melati Suci Mayasari(2), Yuyi Andrika(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan suatu ERP sistem itu adalah suatu proses berkelanjutan. Begitu dimulai sudah tidak mungkin lagi dihentikan dan tidak ada titik kesempurnaannya. Yang ada hanyalah proses penyempurnaan yang tak terhenti. ERP juga mesti dilakukan dengan sungguh-sungguh. Pada umumnya, ERP yang masuk ke Indonesia sudah teruji kesuksesannya. Namum kesuksesan di negara lain belum tentu bisa menjadi suatu jaminan bagi kita. Masalah sumber daya manusia dan infrastruktur juga menjadi faktor penentu ERP akan berkembang terus sesuai dengan tuntutan konsumen. Sistem itu diantaranya adalah manajemen rantai pasok (supply chain management). SCM ini kemudian yang akan mengatur seluruh kebutuhan perusahaan untuk mendapatkan mutu yang baik dan proses yang bisa terintegrasi satu dengan lainnya, sehingga pelayanan yang diberikan kepada pengguna ataupun pelanggannya berjalan dengan baik. Seperti halnya adalah PT. Gudang Garam, Tbk. yang menjalankan bisnisnya dibidang industri rokok kretek. Untuk membuat cita rasa rokok yang disukai oleh banyak pelanggannya, maka PT. Gudang Garam, Tbk., harus memiliki rantai pasokan yang terintegrasi satu dengan lainnya. Penelitian
tentang aliran rantai pasokan perlu dilakukan, karena ini merupakan dimana suatu perusahaan nantinya bisa mengidentifikasi kedepannya dalam mendapatkan target sesuai harapan mereka. Dan akhirnya diwujudkan oleh pihak manajemen PT. Gudang Garam, Tbk. demi proses bisnis yang handal dan terintegrasi dengan teknologi informasi.

Full Text:

PDF

References


Fakultas Kesehatan Masyakarat Universitas Indonesia. Cukai dan Prevalensi Rokok. Jakarta. CHEPS FKM UI. 2016.

PT. Gudang Garam, Tbk.L.16-1052-17/III.22.022. Annual Report / Laporan Tahunan. Jakarta. KPMG. 2016.

Iyan Gustiana. Analisis Management Strategy PT. Gudang Garam, Tbk. Profit. 2013;01(06): 73-80.

Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005: 1.

Djemari Mardapi. Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi dalam Himpunan Evaluasi Indonesia (HEPI). Tesis. Yogyakarta, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta; 2005.

Ariani Farida. Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016.

Harrizki, Arie Pradana. Analyze the Effectiveness of Service Level Agreement (SLA) toward Goods Delivery. Academic Journal of Science. 2016; 05(01): 323-332.

Harrizki, Arie Pradana. Evaluasi Kesuksesan Penerapan Aplikasi SCM dengan Pendekatan Model Kesuksesan Sistem Informasi Terbarukan D&M (Studi Kasus: PT. Timah (Persero), Tbk.). Tesis. Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta; 2014.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.