Rancang Bangun Aplikasi Pengajuan Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Menggunakan Smartphone Berbasis Android

Chandra Kirana(1*), Eza Budi Perkasa(2), Riki Angga Saputra(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) ini mempunyai beberapa produk asuransi, seperti: kebakaran, kendaraan bermotor, satelit, kapal, alat berat, pesawat, dll yang bersifat kerugian. Salah satu asuransi yang sering dilakukan klaim adalah kendaraan bermotor. Proses klaim yang dilakukan para nasabah terkadang menjadi permasalahan yang sangat penting dikarenakan keterlambatan nasabah dalam melakukan proses pengajuan klaim. Dalam melakukan proses pengajuan klaim, para nasabah harus melakukan proses pengajuan 3x24 jam sesuai yang telah disepakati. Faktor ini disebabkan oleh jarak tempuh dan juga tempat tinggal para nasabah, sehingga dari segi pelayanan yang diberikan PT. Asurasni Jasa Indonesia (Persero) kurang maksimal. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) mencoba berinovasi dalam hal meningkatkan pelayanan terhadap nasabah dengan membuat suatu aplikasi pengajuan klaim berbasis smartphone android. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode waterfall dengan bahasa pemrograman java. Dengan adanya aplikasi pengajuan klaim berbasis android ini, pelayanan yang diberikan PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) terhadap para nasabah akan menjadi lebih mudah, dikarenakan pada saat mengajukan proses klaim nasabah tidak perlu lagi datang ke PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero). Proses Pengajuan klaim berbasis android ini juga sangat efisien dan ekfektif.

Full Text:

PDF

References


Leni Marlina. , 2014, Sistem Informasi Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Berbasis Web Pada PT Asuransi Bangun Askrida Cabang Bandung, Fakultas Teknik Informatika, Jurusan Manajemen Informatika.

Edy Noviyanto. , 2014, Pelaksanaan Klaim Asuransi Kerugian Pada Perjanjian Jual Beli Kendaran Bermotor Secara Kredit Ditinjau Dari Sudut Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen, Jurusan Hukum Perdata, Universitas Muria, Kudus.

Yudhis Dwi Arista Yuda. , 2013, Penyelesaian Klaim Asuransi Kesehatan Pada Pt. Askes (Persero) Cabang Jember, Fakultas Hukum, Universitas Jember.

Siti Maimunah Lestari. ,2011, Analisis Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Pada PT. Asuransi Takaful Umum, Fakultas Syariah Dan Hukum, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Afrizal Nurdin Yazid. ,2015, Penerapan Ganti Rugi Pada Asuransi Mobil Yang Disebabkan Oleh Kecelakaan Dan Pencurian (Studi Kasus Di Pt. Adira Dinamika Semarang), Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah.

Ade Hari Siswanto. , 2012, Penyelesaian Klaim Pada Asuransi Kendaraan Bermotor Melalui Badan Mediasi Asuransi Indonesia (Bmai), Fakultas Hukum, Universitas Indonusa Esa Unggul, Jakarta.

Ahmad Sazili. , 2015, Sistem Informasi Premi Dan Klaim Berbasis Web di PT. Asuransi Bintang Tbk, Program Studi Sistem Informasi, STMIK GI MDP, Palembang.

Eko Pramono. , 2013, Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Produk Asuransi Sepeda Motor, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pasuruan, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.