Penerapan Dimensi EUCS (End User Computing Satisfaction) Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Situs Web

Ahmad Fitriansyah(1*), Ibnu Harris(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna situs web Universitas Universal agar pengelola mendapatkan gambaran tingkat kepuasan pengguna sekaligus bahan evaluasi kedepannya. Pengukuran kepuasan pengguna menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Variabel dalam penelitian ini yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 168 responden yang terdiri dari 3 orang staf, 17 orang dosen dan 148 orang mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang terdiri dari 13 butir pertanyaan untuk kelima variabel yang diteliti. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan pengguna berada di nilai rata-rata 2.64 yang berada di level 3 (Netral) artinya menurut persepsi responden secara umum situs web Universitas Universal belum bisa dikatakan memuaskan namun juga tidak mengecewakan. Variabel yang sudah dinilai cukup baik yaitu mengenai Accuracy dan Ease of Use, sementara untuk Content, Format, dan Timeliness dinilai masih kurang baik dan harus dikembangkan lagi.

Full Text:

PDF

References


W. H. Delone and E. R. Mclean, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 19, no. 4, pp. 9–30, 2003.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 12, no. 2, p. 259, 1988.

B. Ives, M. H. Olson, and J. J. Baroudi, “The measurement of user information satisfaction,” Commun. ACM, vol. 26, no. 10, pp. 785–793, 1983.

P. Seddon and S.-K. Yip, “An Empirical Evaluation of User Information Satisfaction (UIS) Measures for Use with General Ledger Accounting Software,” J. Inf. Syst., vol. 6, no. 1, pp. 75–92, 1992.

E. M. Sangadji and Sopiah, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.