Pengembangan Antarmuka Website SMA Budi Bhakti Depok Menggunakan Metode User Centered Design

Budi Arifitama(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi di bidang mutlimedia dewasa ini menujukan tren yang baik, mudahnya para pengguna mendapatkan akses internet dengan media teknologi yang telah tersedia saat ini, hal ini berdampak pada penyampaian informasi konten website haruslah menarik dan user friendly kepada pengguna. Melihat hambatan pada proses perancangan situs yang baik dan sesuai dengan kebiasaan dan keinginan pengguna situs, maka dibutuhkan sebuah cara dan solusi pendekatan dalam perancangan situs elektronik agar pengguna dapat secara nyaman menggunakan situs. Penelitian ini membahas mengenai pengembanagan perancangan situs elektronik di SMA Budi Bhakti Depok dengan memanfaatkan pendekatan metode User Centered Desin sebagai bentuk promosi dan pemberian informasi tentang kegiatan di sekolah. Penggunaan metode User Centered Design memberikan kemudahan bagi perancangan situs, dikarenakan perancangan situs elektronk berbasisi dari pengalaman interaksi oleh para pengguna selama menggunakan internet selama ini. Penelitian ini menghasilkan sebuah perancangan situs elektonik yang user friendly sesuai dengan kebiasaan para pengguna.

Full Text:

PDF

References


Kotler A. Principles Of Marketing. 13th ed. River US, editor. New Jersey: Pearson Prentice Hall; 2010.

Rizal BA, Ummi N. Perancangan E-Commerce IKM Produk Industri Kreatif Kota Serang. Jurnal Teknik Industri. 2013; 1(4).

Voldan P. Developing Web Map Application Based On User Centered Design. Geoinformatics FCE CTU. 2011; 7.

Lubas M, Mitchell J, Leo G. User-centered design and augmentative and alternative communication apps for children with autism spectrum disorders. Sage Open. 2014; 4(2).

Akay Y, Santoso A, Rahayu F. Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Studi Kasus : Kota Manado). In Prosiding Seminar Nasional ReTII; 2015; Yogyakarta.

Kübler A, Holz EM, Riccio A. The User-Centered Design as Novel Perspective for Evaluating the Usability of BCI-Controlled Applications. PLoS ONE. 2014; 9(12).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.