Sistem Pemantau Curah Hujan Berbasiskan Android

Farid Rafi(1), Nur Sultan Salahuddin(2*), Sri Poernomo Sari(3), Budi Santosa(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Curah hujan adalah jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Curah hujan daerah (arael rainfall) adalah curah hujan yang diperlukan untuk penyusunan suatu rancangan pemanfaatan air dan rancangan pengendalian banjir yaitu curah hujan rata-rata diseluruh daerah yang bersangkutan, bukan curah hujan pada suatu titik tertentu curah hujan daerah ini disebut curah hujan wilayah atau daerah dinyatakan dalam satuan mm. Bila dalam suatu daerah terdapat beberapa stasiun atau pos pencatat curah hujan, maka untuk mendapatkan curah hujan areal adalah dengan mengambil nilai rata-ratanya. Curah hujan diukur dalam jumlah harian, bulanan, dan tahunan. Pengumpulan data curah hujan saat ini masih memiliki kekurangan, yaitu dilakukan secara manual,dimana data yang di dapatkan dari masing-masing pos hujan tidak dapat dilihat langsung dari jarak jauh dan belum dikirim secara otomatis langsung ke server. Jika data curah hujan dapat langsung dikirimkan ke server, maka pengumpulan data bisa dilakukan secara realtime, dan pengolahan data dapat di lakukan saat itu juga. Saat ini teknologi internet memungkinkan kita untuk mengumpulkan data dari jarak yang jauh secara Real time,dari mana saja dan kapanpun waktunya. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan konsep Internet of Things(IoT), data yang dihasilkan oleh sensor di alat pengukur curah hujan, Dapat kita pantau melalui aplikasi di smartphone Android.

Full Text:

PDF

References


Asdak C ,Hidrologi dan Pengolalaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta 2010 :UGM Press.

Mawardi, M Rekayasa Konservasi Tanah dan Air. Yogyakarta. 2012: Bursa Ilmu.

Friedemann Mattern, Christian Floerkemeier. From the Internet of Computers to the Internet of Things .Institute for Pervasive Computing, ETH Zurich. 2010 : Springer-Verlag Berlin, Heidelberg

Dr. Mohammad Iqbal, Dr. Nur Sultan Salahuddin. Sistem Pemantauan Ladang Jamur Tiram berbasiskan web,KNSI 2014

Wahyu Adi Prayitno, Adharul Muttaqin, Dahnial Syauqy. Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban, dan Pengendali Penyiraman Tanaman Hidroponik menggunakan Blynk Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. 2017; Vol. 1: halaman 292 – 297.

Sandy Suryo,Farid Al Rafi. Design and Built IOT Panic Button for Smart City, RAIEIC 2017.

PHP Json Encode documentation. Tersedia: http://php.net/manual/en/function.json-encode.php [20desember 2017].

Building MQTT Broker by Elliot Williams 9 Mei 2016. Tersedia : https://hackaday.com/2016/05/09/minimal-mqtt-building-a-broker/ [20desember 2017].

Official PAHO MQTT documentation Tersedia: https://www.eclipse.org/paho/ [20desember 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.