Analisis Penerimaan Teknologi “Smart City” Kota Purwokerto Dengan Model Technology Acceptance Model (TAM)

Hendro Gunawan(1*), Lynawati Lynawati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kota Cerdas atau biasa dikenal sebagai Smart City, adalah sebuah istilah dalam menilai sebuah Kota yang telah berhasil memanfaatkan Teknologi Informasi sebagai alat dukung pemerintah maupun masyarakat dalam memberikan kemudahan-kemudahan pelayanan. Pemerintah Purwokerto saat ini masih belum menerapkan konsep Smart City sebagai solusi untuk menyelesaikan persoalan perkotaan mereka, malah lebih mengedepankan cara-cara konvensional yang tidak terintegrasi satu sama lain. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan masyarakat terhadap teknologi dan pemanfaatannya di kota Purwokerto. Metode dalam penelitian menggunakan metode penelitian analisis kuantitatif. Data diperoleh dengan pengisian kuesioner 400 sampel. Data kuesioner dianalisis menggunakan perangkat lunak smartpls berdasarkan model Technology Acceptance Model (TAM). Berdasarkan analisa hipotesis masyarakat Purwokerto melihat jika aplikasi yang akan dibangun tidak mudah digunakan, maka mereka tidak akan menggunakannya walaupun aplikasi tersebut bermanfaat bagi dirinya. Sehingga masukan bagi Pemerintah daerah agar membuat aplikasi smart city yang mudah digunakan oleh masyarakat Purwokerto agar mereka mau menggunakan aplikasi tersebut.

Full Text:

PDF

References


R. E. Indrajit, "Kerangka Merancang dan Membangun KOTA CERDAS di Seantero Nusantara,," EKOJI999 Nomor 001, September 2012 .

N. Cholid and A. Abu , "Metode Penelitian," Jakarta, Bumi Aksara, 2013, p. 46.

Istijanto, "Aplikasi Praktis Riset Pemasaran," Jakarta, PT Gramedia, 2005, p. 93.

Muhamad, "Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif," Jakarta, PT.Raja, 2008, p. 103.

B. Bungin, "Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Ilmu-ilmu Sosial Lainya," Jakarta, Kencana, 2005, p. 122.

U. Sekaran, "Research Methods For Business Metode Penelitian untuk bisnis," Bandung, PT. Salemba Empat, 2006,, p. 65.

Sugiyono, " Metode Penelitian Pendidikan," Bandung , Alfabeta, 2010, p. 117.

B. Prasetyo and L. . M. Jannah, "Metode Penelitian Kuantitatif," Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2006, p. 65.

K. A. Al-Busaidi and H. Al-Shihi, "Instructors' Acceptance of Learning Management Systems: A Theoretical Framework," Communications of the IBIMA, vol. 2010, p. 2010, 2010.

F. D. Davis, "Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology," MIS Quarterly, vol. 13, no. 3, p. 319–339, September 1989.

I. Ghozali, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial, Semarang.: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.

Gunawan H. Analisis Pengaruh Gender Dalam Penerimaan Teknologi “Smart City” Dengan Model Technology Acceptance Model (TAM). PROSIDING SEMNASHUMTEK. 2017 Nov 28;1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.