Pengembangan Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran Kecepatan Kendaraan Di Jalan Tol

Tessy Badriyah(1*), Feby Listiani(2), Nur Adi(3), Okkie Puspitorini(4), Hani'ah Mahmudah(5), Ari Wijayanti(6)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan di kota-kota besar menyebabkan penggunaan jalan tol semakin meningkat. Seiring banyaknya kendaraan yang melintasi jalan tol membuat semakin meningkatnya jumlah pelanggaran. Salah satu pelanggaran yang dilakukan adalah kecepatan kendaraan yang melebihi batas. Selama ini pelanggaran kecepatan tidak terdeteksi secara otomatis di jalan dan belum terstruktur dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dikembangkan sistem monitoring dan penanganan pelanggaran kendaraan di jalan tol secara otomatis. Sistem tersebut dapat mendeteksi pelanggaran kecepatan kendaraan di jalan untuk kemudian secara otomatis melakukan penanganan.
Penanganan dapat dilakukan oleh sistem karena alat berupa sensor pendeteksi kecepatan (RFID) dapat mengirimkan informasi ke database server untuk selanjutnya dari data yang dikirimkan akan dapat diketahui data si pelanggar, kemudian pelanggar akan menerima informasi tentang pelanggaran yang telah dilakukan berikut password dan username melalui SMS yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran denda. Hasil dari sistem ini adalah berupa Sistem Informasi yang dapat melakukan penanganan terhadap pelanggaran kecepatan kendaraan di jalan tol yang yang merupakan bagian dari sistem transportasi yang terintegrasi sebagai bagian dari pengembangan sistem informasi pada kota cerdas.

Full Text:

PDF

References


Galande S.D “Automated Toll Cash Collection System for Road Transportation” S.B. Patil College of Engineering, Indapur, Pune, MH, India,2015

D.D.E. Crispin, U.M. Aileen, G.S. Ricardo, J.M Jim, S.P.Hilario, “Allocation of Electronic Toll Collection Lanes at Toll Plazas Considering Social Optimization of Service Timesand Delays”, Proceedings of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, vol. 5, pp. 1496–1509, 2005.

Akhmad Syarif Ardiansyah,”Pembuatan System Monitoring Plat Nomor Kendaraan Bermotor di Jalan Tol”,Politeknik Elektronika Negeri Surabaya,2015

ArintaWidyaningtyas (A12.2010.03992). Sistem Informasi Akademik Berbasis Sms Gateway Menggunakan Metode Prototype(Studi Kasus: SMA Negeri 1 Bergas),Universitas Dian Nuswantoro.

Pariaman, Dedi "Perancangan Aplikasi Detekci Bit Check In Error Pada Transmisi Data Text Dengan Single Error Correction Menggunakan Algoritma Hamming Code", Volume : IV, Nomor: 3, Agustus 2013.

R. J. Vidmar. (1992, August). On the use of atmospheric plasmas as electromagnetic reflectors. IEEE Trans. Plasma Sci. [Online]. 21(3). pp. 876—880. Available: http://www.halcyon.com/pub/journals/ 21ps03-vidmar.

Pariaman, Dedi "Perancangan Aplikasi Detekci Bit Check In Error Pada Transmisi Data Text Dengan Single Error Correction Menggunakan Algoritma Hamming Code", Volume : IV, Nomor: 3, Agustus 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.