Pengembangan Sistem Informasi Pembelajaran Melalui Media Web

Rin Rin Meilani Salim(1*), Ronny Wiyanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, dosen harus menyiapkan materi yang baik, menarik dan mudah diakses mahasiswa. Media presentasi untuk materi tentunya harus mampu mendukung isi materi berupa teks, gambar, video, link, dan sebagainya. Materi juga harus dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Kemudian tugas atau latihan akan diberikan kepada mahasiswa setelah mempelajari materi, dimana tugas atau latihan ini digunakan sebagai alat ukur untuk kepahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan. Dosen akan melakukan penilaian pada tugas atau latihan yang telah diberikan. Masih banyak dosen yang melakukan pengelolaan secara terpisah pada pemberian tugas dan pencatatan nilai. Hal ini tentunya menjadi kendala dosen ketika menginput nilai akhir untuk mahasiswa dimana dosen harus mencari, menggabungkan, dan menghitung kembali nilai tugas mahasiswa. Untuk memudahkan dosen dan mahasiswa tentunya harus ada media yang mampu mendukung dan memanajemen seluruh kegiatan ini. Media yang disediakan juga harus mudah diakses oleh dosen dan mahasiswa dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, media web menjadi solusi yang ditawarkan sebagai wadah dalam memanajemen penyediaan materi pembelajaran, pemberian tugas atau latihan, dan pencatatan nilai tugas atau latihan yang diberikan dosen. Media ini dikembangkan oleh penulis dan diberi nama sistem informasi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


B. Sidik, H. I. Pohan. Pemrograman Web dengan HTML. Bandung: Penerbit Informatika. 2010: 1-6.

K.E. Kendall, J. E. Kendall. Analisis dan Perancangan Sistem, Alih Bahasa Oleh Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany, Jilid 1, Edisi Ke-5. Jakarta: Penerbit Indeks. 2010: 11-15, 263-456.

K.E. Kendall, J. E. Kendall. Analisis dan Perancangan Sistem, Alih Bahasa Oleh Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany, Jilid 2, Edisi Ke-5. Jakarta: Penerbit Indeks. 2010: 1-307.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.