Rancangan Fitur Aplikasi Pengelolaan Administrasi dan Bisnis Bank Sampah di Indonesia

Abdul Aziz(1*), Soni Fajar Surya Gumilang(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bank sampah adalah sebuah lembaga yang bergerak di bidang bisnis pengelolaan sampah. Aktivitas utama bank sampah meliputi proses pengelolaan sampah terpilah, transaksi dan administrasi tabungan nasabah. Untuk dapat menabung sampah, ada beberapa metode menabung yang dapat dipilih oleh nasabah, diantaranya, setor sampah langsung, permintaan jemput sampah dan penjemputan sampah terjadwal. Saat ini semua proses administrasi dan bisnis bank sampah masih dilakukan secara manual atau konvensional yang menyebabkan beberapa masalah seperti pendataan administrasi tidak tercatat dengan rapih, terjadi duplikasi atau kehilangan data, nasabah tidak bisa mengakses informasi perubahan jadwal penjemputan sampah serta informasi riwayat transaksi. Untuk mengatasi masalah itu, dengan melihat potensi teknologi informasi, maka diperlukan sebuah rancangan fitur aplikasi yang dapat digunakan sebagai acuan untuk membangun aplikasi pengelolaan administrasi dan bisnis bank sampah. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan fitur aplikasi pengelolaan administrasi dan bisnis bank sampah berupa rancangan fungsionalitas fitur, rancangan infrastruktur aplikasi dan rancangan tampilan user interface aplikasi yang dihasilkan dengan menggunakan pendekatan Object Oriented Method.

Full Text:

PDF

References


REPUBLIKA.CO.ID, “Setiap Hari Indonesia Produksi Sampah 65 Juta Ton,” REPUBLIKA NEWS, 2017. [Online]. Available: http://nasional.republika.co.id.

Kementerian Lingkungan Hidup, Dari Sampah Membangun Ekonomi Kerakyatan; Profil Bank Sampah Indonesia 2012. Malang, 2012.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “PENETRASI DAN PERILAKU PENGGUNA INTERNET INDONESIA,” 2016.

A. R. Djaelani, “Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif,” FPTK IKIP Veteran Semarang, pp. 82–92, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.