Rancangan Web Service Dengan Metode REST API Untuk Integrasi Aplikasi Mobile dan Website Pada Bank Sampah

Muhammad Widyan Riadhi Fakhrun(1*), Soni Fajar Surya Gumilang(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan sampah adalah salah satu isu yang serius di Indonesia. Pengolahan sampah dengan cara konvensional belum cukup membantu untuk merubah paradigma masyarakat. Adapun pengolahan sampah dengan cara modern yaitu didirikan bank sampah. Bank sampah sudah memiliki gagasan berupa aplikasi untuk menjalankan bisnisnya, dengan membuat aplikasi mobile dan website. Untuk menjadi lebih efektif dan hemat biaya dalam proses bisnis bank sampah perlu untuk mengimplementasikan web service. Metode web service yang digunakan adalah REST API. REST API sangat mudah untuk diimplementasikan dan digunakan untuk pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini mengusulkan sistem yang saling terintegrasi antara aplikasi mobile dan website pada bank sampah agar pertukaran informasi dan proses administrasi berjalan dengan lancar dan akurat. Rancangan sistem ini membawa cara baru dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam hal bisnis, sosial, dan lingkungan. Hasil dari perancangan sistem ini menghasilkan end point untuk modul yang tersedia pada fitur aplikasi yang ada pada bank sampah dan nasabah. Pada aplikasi bank sampah terdiri dari end point modul kelola sampah, kelola nasabah, kelola jadwal jemput sampah, dan transaksi tabungan. Sedangkan, untuk nasabah terdiri dari end point untuk lihat profil, lihat data sampah, lihat riwayat transaksi, lihat jadwal jemput sampah dan memilih jemput sampah.

Full Text:

PDF

References


Sutanta, E., & Mustofa, K.s. Identifying The Needs of Web Service to Data Synchronization Between Information Systems as E-Government Ecosystem at Bantul-Yogyakarta. Bandung – Teknik Informatika STMIK Bandung; 2012

Djaelani, A. R. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. Semarang- FPTK IKIP Semarang; 2013

Cockburn, A. Using Both Incremental and Iterative Development. CrossTalk: The Journal of Defense Software Engineering. 2008; 21(5): 27–30.

Larman, C. Applying UML and Patterns. 2nd edition. 2002

Wibisono, W., & Baskoro, F. Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Model Behaviour Uml. (2002); 1: 43–50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.