Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Android Menggunakan Metode Agile

Rizqi Muharom Zaef(1*), Novim Cici Herbaviana(2), Ahmad Chusyairi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem pendaftaran peserta didik baru pada SMK 17 Agustus Genteng Banyuwangi masih bersifat manual dimana harus mengisi formulir pendaftaran dengan yang diserahkan panitia pendaftaran, sehingga calon peserta didik baru harus datang langsung ke sekolah dan membutuhkan waktu yang lama. Android digunakan dalam pengembangan sistem dimana peserta didik baru dapat menginputkan data melalui handphone. Metode Agile digunakan karena sistem dapat menyesuaikan terhadap perubahan yang ada pada penerimaan peserta didik baru. Hasil yang didapatkan dalam penelitian Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Andoid Menggunakan Metode Agile adalah kemudahan peserta didik baru dalam melakukan pendaftaran di SMK 17 Agustus Genteng Banyuwangi dan metode agile dapat menyesuaikan terhadap perubahan yang ada pada penerimaan peserta didik baru dengan fitur layanan home, jadwal pendaftaran, data pendaftar, formulir pendaftaran dan persyaratan pendaftaran, sehingga dapat mempermudah panitia dalam mengelola data peserta didik baru yang mendaftar dari SMP/MTs dan informasi pengumuman penerimaan peserta didik baru.

Full Text:

PDF

References


Suharto M. Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Penerimaan Siswa Baru Pada Sekolah Menengah Pertama Dengan Integrasi Validasi Nomor Ijazah. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 2015; 5(1): 637-643.

Sholihin M., Siti M. Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web (Online) Di SMK Muhammadiyah 7 Kedungpring Lamongan. Jurnal Teknika. 2014; 6(1): 557-560.

Martiana T., Irfan. Analisis Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru STMIK Jakarta STI&K Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Komputasi. 2016; 15(2): 49-57.

Fransiyanti C. Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SDN Lidah kulon III Surabaya. Jurnal Publika. 2014; 2(2): 1-6.

Prabowo I. A. Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Sma Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Jurnal Ilmiah Sinus. 2015; 13(2): 65-82.

Nugroho A., Arief H. Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus Di SMA Nusaputera Semarang). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2015. 6(2): 1-10.

Murtiwiyati, Glenn L. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi. 2013; 12(2): 1-10.

Palilingan K.Y.R, Alicia A.E.S. Registrasi Calon Siswa Baru Berbasis Mobile Android di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Manado. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. 2014; 3(3): 1-5.

Saragih H, Teddy S. Pengembangan Sistem Informasi Dengan Metode Agile Development Yang Searah Dengan Rancangan Strategis IT/IS Pada Perusahaan. Jurnal Ilmiah Sisfotenika. 2013; 3(1): 51-60.

Rully I., R. Poppy Y. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama. 2014: 67-76.

Listiyoko L., Achmad F. Perancangan Aplikasi Cafe Untuk Efisiensi Order Menggunakan Metode Agile. Seminar Nasional Teknologi Informasi (SNTI). Jakarta Barat. 2017. 14(1): 113-120.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.