Sistem Pemantau Suhu dan Tekanan Biogas pada Biodigester Berbasiskan Android

Alicya Putri(1*), Nur Sultan Salahuddin(2), Marliza Ganefi Gumay(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanfaatan biogas yang kurang optimal di Indonesia salah satunya disebabkan oleh masih banyaknya gas polutan yang terkandung di dalam produk biogas skala rumah tangga dan kurang luasnya area penggunaan biogas yang disebabkan belum optimalnya sistem penyimpanan biogas. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis membuat suatu rancang bangun untuk sistem pengendalian otomatis serta pemantauan jarak jauh. Biodigester merupakan suatu teknologi yang memanfaatkan proses biologis di mana bahan organik oleh mikroorganisme anaerobik terurai dalam ketiadaan oksigen terlarut. Sistem pemantau suhu dan tekanan gas berbasis android, menggunakan mikrokontroler Arduino, Motor DC yang digunakan untuk pengaduk limbah kotoran secara otomatis, motor servo untuk pengendali buka tutup corong yang akan diisi dengan kotoran ternak menuju wadah penampung, serta sensor loadcell yang diletakkan dibawah wadah untuk mengetahui berat limbah yang sudah ditampung berdasarkan kondisi yang telah dikonfigurasikan oleh mikrokontroler.

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. Buku Pintar Pemrograman Arduino. Yogyakarta: MediaKom. 2015: 211.

Al Seadi, Teodorita, dkk. Biogas Handbook. University of Southern Denmark Esbjerg: Denmark.

Boe Kanokwan. Online Monitoring and Control of The Biogas Process. Tesis. Lyngby, Technical University of Denmark; 2006.

Christian Andrean Pradigdya. Rancang Bangun Monitor Suhu Gas Metana Dan Karbondioksida Pada Biogas. Tugas Akhir. Surabaya, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer;2013.

Herlina Dewi Mayasari, Iir Muchlis Riftanto, dkk. Pembuatan Biodigester Dengan Uji Coba Kotoran Sapi Sebagai Bahan Baku. Tugas Akhir. Surakarta, Universitas Sebelas Maret;2010.

Rocky Alfanz, Agus Nurhadi, Joddy Arya Laksmono. Perancangan Dan Implementasi Sistem Monitoring Produksi Biogas Pada Biodigester. ISSN. 2006; vol: 5(1): 129.

Safaat, Nazaruddin H. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika.

Untung Surya Dharma, Kemas Ridhuan. Kajian Potensi Sumber Energi Biogas Dari Kotoran Ternak Untuk Bahan Bakar Alternatif Di Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Turbo ISSN. 2004; vol. 3(no. 2): 14.

Wahyuni, Sri. 2011. Menghasilkan Biogas dari Aneka Limbah. PT AgroMedia. Pustaka: Jakarta.

Building MQTT Broker https://hackaday.com/2016/05/09/minimal-mqtt-building-a-broker/ 22 Desember 2017

Official PAHO MQTT https://www.eclipse.org/paho/ 22 Desember 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.