Analisis Strategi Bisnis Sistem Informasi Jasa Penyedia Perjalanan Wisata

Muhammad WIldan Satrio(1*), Heri Risnanto(2), Siti Naza Rayani(3), Miftahul Fahmi(4), Nurbojatmiko Nurbojatmiko(5), Asep Fajar(6), Rinda Hesti Kusumatingtyas(7)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebutuhan masyarakat di era teknologi seperti sekarang ini, berfokus pada penyederhanaan kegiatan-kegiatan konvensional ke dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat memberikan efisiensi waktu, tenaga, juga biaya untuk menyelesaikan satu atau beberapa masalah sekaligus. Otewe merupakan sebuah ide start-up yang nantinya berkecimpung pada ranah pariwisata. Tujuan dari penelitian ini ialah melakukan analisis internal dan eksternal terhadap strategi bisnis dan Sistem Informasi / Teknologi Informasi, dengan menggunakan analisis SWOT dan PEST-EL serta mengelompokkan rancangan strategis dan ide perusahaan dengan menggunakan Business Model Canvas. Perencanaan Strategis Bisnis dan SI/TI dimulai dengan analisis SWOT untuk menentukan kekuatan dan isu strategis dan analisis PEST-EL untuk menentukan kondisi eksternal dan hal -hal yang dapat mempengaruhi perusahaan. Hasil dari analisis ini adalah strategi bisnis sistem informasi pariwisata sesuai dengan Business Model Canvas yang bertujuan untuk menggambarkan rancangan strategis perusahaan sehingga nantinya dapat mencari dan menemukan ide dan inovasi terbaru.

Full Text:

PDF

References


Maulana GG, Rispianda. Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour dan Travel Berbasis Website Electronic Commerce. .

Murtadho A, Shihab MR. Analisis Situs E-Tourism Indonesia: Studi terhadap Persebaran Geografis, Pengklasifikasian Situs Serta Pemanfaatan Fungsi dan Fitur. Journal of Information Systems. 2011; VII(1).

Henne J. Business Model Dynamics in The Tourism Industry. 2014.

Johnson G, Pyle S, Scholes K, Whittington R. Exploring Strategy: Text and Cases: Financial Times Prentice Hall; 2011.

Zulfadli , Wahjuadi D. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kampoeng Wisata Cinangneng di Kabupaten Bogor dengan Pendekatan Business Model Canvas. 2015; 2(3).

Osterwalder A, Pigneur Y. Business Model Generation: Elexmedia Komputindo; 2012.

Setiawan HS. Perencanaan Strategis Sistem Informasi PT.FM Guna Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode Ward & Peppard. 2016; 1(2).

Kristanto T. Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada PT Adira Dinamika Multi Finance. 2015.

Matulessy CS, Sihombing FMP. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward and Peppard di Bagian Pos Internasional. 2017.

Dewi NAN. Rencana Pengembangan Strategi Perusahaan untuk Meningkatkan Kualitas Perusahaan. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.