Propagasi Gelombang Radio Pada Teknologi Seluler

Uke Kurniawan Usman(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Beberapa tahun belakang ini telah menjadi isu yang menarik tentang generasi ke lima (5G) untuk kemudian menjadi sebuah standar teknologi seluler. Seperti telah kita ketahui tentang Long-term Evolution (LTE) yang menjadi bagian dari generasi ke empat (4G), perkembangan generasi ke empat ini telah mencapai titik kesempurnaan. Pada paper ini membahas masalah propagasi gelombang yang akan dipergunakan pada teknologi seluler 5G yang mana teknologi ini merupakan perkembangan dari teknologi sebelumnya yaitu 1G, 2G, 3G, dan 4G. Model propagai gelombang radio pada 5G diprediksi akan lebih rumit disbanding dengan teknologi sebelumnya dikarenakan spesifikasi teknologi 5G yang harus dapat melakukan komunikasi antara M2M dan juga D2D.

Full Text:

PDF

References


NTT Docomo. (2014). 5G Radio Access: White Paper Requirements , Concept and Technologies.

IEEE Communications Surveys & Tutorials, Vol. 15 No. 1, Fist Quarter 2013 “A Survey of Wireless Path Loss Prediction and Coverage Mapping Methods”.

Osseiran, A., Boccardi, F., Braun, V., Kusume, K., Marsch, P., Maternia, M., Fallgren, M. (2014). Scenarios for 5G mobile and wireless communications: the vision of the METIS project. IEEE Communications Magazine, 52(5),26–35. http://doi.org/10.1109/MCOM.2014.6815890.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.