Sistem Informasi Penagihan Dana Kredit Tanpa Agunan Menggunakan Naïve Bayes di Bank XYZ

Retnani Latifah(1*), Siti Nurbaya Ambo(2), Muhammad Reza Yudha(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bank XYZ sebagai salah satu bank di Indonesia yang memiliki program dana kredit tanpa agunan memiliki kendala saat penagihan. Proses penagihan yang selama ini dilakukan masih menggunakan sistem yang manual yaitu menggunakan telepon biasa dan MS Excel. Belum adanya sistem yang terintegrasi menyebabkan adanya perbedaan data yang dimiliki dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Selain itu juga tidak efisien karena pengelompokan data debitur dilakukan secara manual dan laporan juga disusun secara manual. Karena permasalahan-permaasalahan tersebut, maka penelitian ini merancang dan membangun sistem informasi yang dapat melakukan pengelompokan secara otomatis, membuat laporan penagihan secara otomatis dan melakukan pemanggilan penagihan melalui sistem yang dapat tercatat secara otomatis. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes yang dipilih untuk melakukan pengelompokan debitur dapat bekerja dengan baik. Sistem auto dial juga terintegrasi dengan sistem dan database. Selain itu semua fungsi yang ada di sistem berjalan dengan cukup baik.

Full Text:

PDF

References


P. Mahler, "VoIP Telephony with Asterisk," 2005. [Online]. Available: http://www.voiceip.com.ua/lit/VoIP_Telephony_with_Asterisk__Paul_Mahler__by_dccm83.pdf. [Accessed November 2017].

T. R. Patil and S. S. Sherekar, "Performance Analysis of Naive Bayes and J48 Classification Algorithm for Data Classification," International Journal of Computer Science and Applications, vol. 6, no. 2, 2013.

J. Vaidya, A. Basu, B. Shafiq and Y. Hong, "Differentially Private Naive Bayes Classification," in International Conferences on Web Intelligence, 2013.

M. R. Yudha, "Aplikasi Penagihan Dana Kredit Tanpa Agunan Menggunakan AUTODIAL Asterisk (CENTOS) dan Naive Bayes," Teknik Informatika FTUMJ, Jakarta, 2017.

A. Alshamrani and A. Bahattab, "A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model," International Journal of Computer Science Issues, vol. 12, no. 1, pp. 106-111, 2015.

B. Bruegge and A. Dutoit, Object-Oriented Software Engineering : Using UML, Patterns, and Java, Prentice Hall, 2010.

Yakub, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.