Pengembangan Sistem Informasi Pengukuran Gardu Distribusi PLN Berbasis Android

Harsen Nimpa(1*), Heru Sutejo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem informasi memiliki peranan penting terhadap siklus perkembangan instansi, Perusahaan Listrik Negara telah memiliki Sistem informasi Gardu Distribusi (SIGD), namun permasalahan yang sering timbul adalah belum adanya aplikasi yang terintegrasi, sehingga petugas lapangan harus mencatat isian formulir pengecekan gardu di lapangan kemudian isian tersebut diserahkan kepada operator sistem untuk memasukan data-data gardu listrik tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut maka pada penelitian ini dibuat suatu pengembangan sistem yang mengintegrasikan aplikasi menjadi berbasis website dan android untuk operator serta petugas lapangan. Aplikasi dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, PHP dan MySql, serta webview APP sebagai sarana memasukkan data pada perangkat smartphone dengan sistem operasi android. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode waterfall, dengan proses pengembangan mencakup analisis kebutuhan, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Hasil yang diperoleh adalah berupa aplikasi yang mempermudah petugas lapangan dalam memasukan data pengukuran gardu distribusi PLN Rayon Jayapura.

Full Text:

PDF

References


Dadang Iskandar, P. Insap Santosa. Sistem Informasi Gardu induk dan Gardu Distribusi Berbasis

Web. JNTETI. 2013; Vol 2. No 2. Halaman 33.

Roviaji, R Muslim. Pembuatan Sistem Informasi Gardu Induk PT. PLN (Persero) APP Semarang Sekota Semarang Dengan Java Android. Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. 2017; Vol 2. No 1. Halaman 182.

Oktaviyani, R. Rancang Bangun Aplikasi Android Untuk Menghitung Biaya Lisrik Rumah Tangga. Semarang. Universitas Negeri Semarang. 2013.

Syahputra, R. Transmisi dan distribusi Tenaga Listrik.Yogyakarta : LP3M UMY. 2016. ISBN : 978-602-7577-56-5

Mulyani, S. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Edisi kedua cetakan pertama. Bandung : Abdi Sistematika. 2016. ISBN: 978-979-19906-2-2

Eka Pratama, P.A. Sistem Informasi Dan Implementasinya. Buku Teori Dan Konsep Sistem Informasi. Edisi Cetakan Pertama. Bandung : Informatika bandung. 2014. ISBN: 978-602-1514-41-2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.