Analisis Pengadaan Barang dan Jasa Teknologi Informasi Keperluan Laboratorium Komputer Dengan Analytic Hierarchy Process

Jim Lahallo(1*), Purnawarman Musa(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam upaya mendukung peningkatan kemampuan mahasiswa dan dosen, Laboratorium Komputer Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer Sepuluh Nopember Jayapura pada pelaksanaannya, secara periodik melakukan proses pengadaan barang dan jasa teknologi informasi. Pada penelitian ini difokuskan pada pengambilan keputusan serta evaluasi terhadap pelaksanaan keputusan pengadaan barang dan jasa berdasarkan hasil analisis terhadap faktor-faktor yang digunakan. Faktor-faktor yang digunakan adalah Prioritas, Kebutuhan, Ekonomis, dan Perawatan, alternatif barang dan jasa serta beberapa kriteria dari alternatif. Untuk pengambilan keputusan dan evaluasi terhadap pelaksanaan keputusan dilakukan penentuan nilai preferensi terhadap faktor dengan menggunakan data kuisioner awal dan kuisoner akhir dari 104 responden. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process, metode Mean Geomatric untuk proses aggregasi data kuisioner, dan Induced Bias Matrix Model untuk pengaturan ulang nilai preferensi faktor yang mengalami inkonsistensi. Penelitian ini akan menghasilkan keputusan dan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan keputusan pengadaan yang telah dilakukan oleh laboratorium komputer.

Full Text:

PDF

References


Labstimik1011. “Standart Operational Procedure (SOP) Laboratorium Komputer STIMIK Sepuluh Nopember, Jayapura”, tahun: 2012.

Altayyar, A., Kerridgea, J., B. “External Factors Affecting TheAdoption of E-procurement in Saudi Arabian’s SMEs”. 5th International Conference On Leadership, Technology Innovation And Business Management, tahun: 2012, 229, 363-375.

Subramanian, N., Ramanathan, R. “A review of applications of Analytic Hierarchy Process in operations management”. International Journal of Production Economics, tahun: 2012, 138(2), 215-241.

Kou, G., Ergu, D., Peng, Y., Shi, Y. “Data Processing for the AHP/ANP”. New York: Springer. 2013:77.

Mu, E., and Pereyra-Rojas M “Practical Decision Making an Introduction to The Analytic Hierarchy Process (AHP) using Super Decision v2”. Springer, Pittsburg. 2016:20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.