Pemanfaatan Computer Assisted Instruction (CAI) Untuk Pembelajaran Algoritma

Fajar Darmawan(1*), Azhim Trisnadi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Matakuliah algoritma memiliki cukup banyak materi, seperti konsep mengenai tipe data, larik (array), percabangan atau pemilihan, prosedur dan fungsi, matriks, algoritma rekursif, algoritma pencarian, dan algoritma pengurutan. Maka dari itu tidak sedikit mahasiswa tingkat awal kesulitan untuk menangkap materi matakuliah yang cukup banyak, hal tersebut diperkuat dengan latar belakang mahasiswa yang masih awam dalam pemahaman terkait algoritma dan pemrograman . Computer Assisted Instruction (CAI) merupakan suatu sistem penyampaian materi pelajaran berbasis komputer yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem tersebut secara komunikatif dan interaktif. Metode CAI memanfaatkan multimedia interaktif dalam pembangunan aplikasi pembelajaran. Penelitian memaparkan proses pembangunan aplikasi pembelajaran tipe data pada konsep algoritma berbasis multimedia dengan tahapan-tahapan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) sehingga mempermudah pembangunan aplikasi pembelajaran yang dapat beroprasi dengan baik. Dengan menerapkan metode CAI dan berbasis multimedia diharapkan dapat menyajikan informasi yang dapat dilihat, didenagr dan dilakukan, sehingga sangatlah efektif untuk menjadi media alternative selain buku, ebook atau slide.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Faisal, “Penerapan multimedia pembelajaran pada kegiatan belajar membaca Al-Qur’an menggunakan metode UMMI (Studi Kasus : SMP Ibnu Sina)”, Bandung, 2015.

Arsyad, M.A., media Pembelajaran, Prof. Dr. Azhar, PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Binanto Iwan., “Multimedia Digital Dasar dan pengembangannya”, Andi, Yogyakarta, 2010

Efendi, Dian, Octora, “Pembangunan media pembelajaran program penyuluhan dan pendidikan keamanan lalu lintas (PPKLL) berbasis multimedia interaktif mengunakan metode Computer Assisted Instruction (studi kasus : taman lalu lintas ade Irma suryani nasution)”. Bandung, 2015.

Harjanto, Arif “Rancang Bangun Computer Assisted Instruction (CAI) Sebagai Media Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas”, Semarang, 2012.

Ira Maya Sari, “Perancangan Media Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction berbasis Web”, Pelita Informatika Budi Darma, vol. VI, no. 2, April 2014

Luther, Arch C. 1994. “Authoring Interactive Multimedia”, Boston AP Professional.

Munir, Rinaldi dan Leony Lidya. 2016. “Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal, C, dan C++ Edisi Keenam”, Informatika, Bandung.

Purnomo, Bayu, “Pengaruh Media Pembelajaran berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) model drills terhadap retensi siswa pada konsep system gerak”, Jakarta, 2015.

Sanjaya, Wina, “Media Komunikasi Pembelajaran”, 2012.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. “Multimedia Iteraktif dengan Flash”. Graha Ilmu. Yogyakarta

Suyanto, M. 2005. “Multimedia-Alat untuk meningkatkan keunggulan Bersaing”, Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.