Implementasi Data Mining Berbasis Georeferensi Untuk Informasi Kuliner Di Bandar Lampung

Didi Susianto(1*), Verawati Verawati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyaknya tempat kuliner yang menyediakan dan menawarkan aneka jenis makanan berbagai macam cita rasa sehingga membuat masyarakat sulit dalam menentukan kuliner yang sesuai selera dan kriteria makanan dengan suasana yang diinginkan. Wisatawan yang ingin berwisata kuliner biasanya mencari informasi melalui brosur atau mendapatkan informasi langsung dari masyarakat setempat. Hal ini disebabkan belum adanya pemanfaatan tehnologi informasi berbasis sistem informasi geografis untuk memberikan informasi kuliner yang strategis, murah, nyaman dengan suasana yang menyenangkan kepada wisatawan. Sistem Informasi Geografi yang digunakan adalah hasil data klustering yang meliputi jenis makanan, harga dan jumlah kursi. Penelitian ini mengambil 13 kecamatan yang ada di Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini didapat pengelompokan wisata kuliner dengan menggunakan metode klustering, yaitu untuk kelompok P1 = 11% untuk kluster jenis makanan berat, harga murah dan jumlah kursi besar, kelompok P2 = 77% untuk kluster jenis makanan ringan, harga murah dan jumlah kursi besar, Kelompok P3 =1% untuk kluster jenis makanan jajanan/oleh-oleh, harga murah dan jumlah kursi besar.

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, Eko. 2005, Sistem Informasi Geografis Menggunakan ARC VIEW GIS, Ed. II, Penerbit Andi, Yogyakarta

Hamdani, 2010, Sistem Pendukung Keputusan Wisata Kuliner Dengan Visualisasi Geografi, Vol. 5, No. 1, Page. 19 - 26.

Han, J. Kamber, M. 2001, Data Miniing: Conceptual and Technigue, San Fransisco: Morgan Kaufmann Publishers.

Larose, D.T. 2005, Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. Hoboken: Wiley-Interscience, John & Sons, Inc

Naba, Eng, Agus, Dr. 2009, Belajar Cepat Fuzzy Logic menggunakan MATLAB, Penerbit Andi, Yogyakarta

Pramudiono, I, 2006. Apa Itu Data Mining, dalam “http://datamining.japati.net/eig-bin/indodm.eig/bacaarsip&11555271641 artikel.

Saefurrohman. (2005). “Pengembangan Database Spasial untuk Pembuatan Aplikasi Berbasis GIS”. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, X(3), 133-142, Semarang

Soyusiawaty D, Umar R, & Mantofani R. (2007). “Sistem Informasi Geografis Objek Wisata Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Berbasis Web”. Proceedings of Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007), Yogyakarta.

Susanto, Sani dan Suryadi. Dedy, 2010. Pengantar Data MiningMenggali Pengetahuan dari Bongkahan Data. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Turban, E.,dkk, 2005. DecisionSupport System and Intellegence systems. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Witten, I.H dan Frank, E. 2005. Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Tecniques. Edisi ke-2. San Fransisco: Morgan Kaufmann Publishers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.