Aplikasi Pendeteksi Kerusakan Pada Daun Berdasarkan Warna

Mohammad Ridwan Dwi Septian(1*), Margi Cahyanti(2), Ericks Rahmat Swedia(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membuat sebuah aplikasi yang akan mendeteksi kerusakan pada citra daun dengan memberikan persentase berapa kerusakan pada daun yang di ujikan dengan metode pengolahan citra. Proses mendeteksi kerusakan pada daun dilakukan dengan metode pengolahan citra terdiri dari tahapan transformasi ke HSL dengan mengambil range warna daun yang tidak rusak. Selanjutnya citra daun yang awal diubah menjadi citra biner agar mendapatkan keseluruhan bentuk daun. Tahapan selanjutnya untuk mendapatkan persentase kerusakan dengan cara seluruh jumlah piksel pada citra biner dikurang dengan jumlah piksel citra yang dirubah ke HSL, sehingga bisa mendapatkan kerusakan piksel pada daun. Hasil pengujian pada kerusakan daun ini dapat menampilkan seluruh output berupa persentase keruskan daun dari 10 data citra daun mangga. Uji coba aplikasi ini menggunakan 10 data citra daun mangga. Citra ini diambil berukuran 100 x 56 piksel. Dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah user dalam memperkirakan kerusakan citra daun.

Full Text:

PDF

References


Witarto. Memahami Sistem Informasi. Bandung : Informatika Bandung. 2004.

Jayamala K.Patil, Raj Kumar. Advance In Image Processing For Detection of Plant Diseases. Pune : Deemed University. 2011.

Shapiro, Linda G., Stockman, George C. Computer Vision. 2002.

Ahmad, U. Pengolahan Citra Digital Dan Teknik Pemrogramannya. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2005.

Rinaldi Munir. Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung : Informatika Bandung. 2004.

Prasetyo, Eko. Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta : Andi. 2011.

Swedia ER., Cahyanti Margi. Algoritma Transformasi Ruang Warna. Depok: Indie Publishing. 2015.

Ramesh Jain, Rangachar Kasturi, Brian G. Schunck Published by McGraw-Hill, Inc. Machine vision. Singapore : McGraw-Hill. 1995.

Verheij, E.W.M. dan R.E. Coronel. Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 2: Buah-buahan yang dapat dimakan. Jakarta : Gramedia. 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.