Sistem Informasi Perpustakaan Di SMK Gajah Mada Banyuwangi

Ulfa Muppita Sari(1*), Djuniharto Djuniharto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat. Teknologi pada saat ini merambah kesegala aspek kehidupan. Salah satunya sistem teknologi komputer, keberadaan komputer saat ini sangat berguna bagi masyarakat. Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dengan cepat, tepat, dan akurat sehingga dapat mengurangi kesalahan yang mungkin timbul jika dilakukan pekerjaan secara manual. Pada saat ini di SMK GAJAH MADA BANYUWANGI dalam proses pencatatan sistem informasi perpustakaan masih belum menggunakan sistem komputerisasi melainkan masih secara manual. Dari permasalahan diatas maka dibuatlah aplikasi sistem informasi pengolahan data perpustakaan yang berbasis desktop. Aplikasi ini memanfaatkan metode Visual Studio dan MYSQL sebagai media akses pengembangan aplikasi dan penampungan data. Dengan adanya aplikasi desktop perpustakaan ini diharapkan dapat membantu bagian pustakawan dalam proses pendataan buku, transaksi peminjaman, transaksi pengembalian. Mempermudah bagian pustakawan dalam pembuatan laporan periode tertentu kepada kepala perpustakaan tentang data-data buku baru, buku yang terpinjam, buku yang dikembalikan ataupun pemasukkan uang atas denda keterlambatan pengembalian buku. Dengan pendataan secara komputerisasi maka menghasilkan laporan-laporan secara akurat tanpa adanya kesalahan pencatatan.

Full Text:

PDF

References


Supriyanto, Wahyu. Teknologi informasi perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius. 2008: 15.

Nugraha Fajar. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Simetris. 2014; 5 (1): 27-32.

Hendrianto Eko. Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Donorojo. Indonesian Journal Networking and Security. 2014; 3 (4): 57-64.

Herny Februariyanti, Zuliarso Eri. Rancang Bangun Sistem Perpustakaan Untuk Jurnal Elektronik. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. 2012; 17 (2): 124-132.

Sahab Ali, Pradnya Mega Windha. Perancangan dan Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Pada SMAN 5 Kediri. Jurnal Ilmiah DASI. 2015; 16 (1): 8-11.

Jihad Abu M. Sistem Informasi Perpustakaan Di SMP Negeri 12 Kotabumi Berbasis Borland Delphim7. Jurnal Informatika. 2015; 15 (2): 102-115.

Hardi Richki, Hardianto. Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Kerangka Pieces(Studi Kasus Perpustakaan STITEK Bontang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. 2015; 1 (3): 15-21.

Al Fatta, H. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Edisi I. Yogyakara: Penerbit Andi. 2007: 36


Refbacks

  • There are currently no refbacks.