Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Gigi dan Mulut Menggunakan Metode Dempster-Shafer dan Certainty Factor

Teguh Ansyor Lorosae(1), Arief Setyanto(2*), Eko Pramono(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyakit gigi dan mulut merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Minimnya pengetahuan serta terbatasnya sumber informasi mengenai kesehatan gigi dan mulut menyebabkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut masih rendah. Ini terlihat dari besarnya angka penyakit gigi dan mulut di Indonesia yang cenderung meningkat. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan suatu sistem yang dapat membantu menyediakan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan/pemahaman pasien dalam mengetahui dengan benar gejala penyakit gigi dan mulut. Pada penelitian ini akan menggunakan metode Dempster-Shafer dan Certainty Factor yang selanjutnya akan dibandingkan guna mengetahui tingkat akurasi tiap-tiap metode. Metode dengan hasil akurasi tertinggi akan diimplementasikan dalam Sistem Pakar. Berdasarkan perhitungan dari kejadian-kejadian gejala penyakit dan nilai keyakinan yang diperoleh dari pakar didapatkan nilai akurasinya yaitu 98,03% pada metode Dempster-Shafer dan 98,41% pada metode Certainty Factor.

Full Text:

PDF

References


Billy Ambara, et al. Fuzzy Expert System of Dental and Oral Disease with Certainty Factor. 2017. IJCSI International Journal of Computer Science Issues. Vol.14.

Made Indriani. et al. Penerapan Metode Fuzzy Mamdani dan Dempster Shafer Pada Diagnosa Awal Penyakit Kulit. 2017. Vol.1 (No.02).

Amanda Patria Putra, Cahya Rahmad. Analisa Perbandingan Metode Certainty Factor Dengan Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Diabetes Melituspolinema. 2015. Vol 2.

Kusumadewi, S. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu. Yogyakarta. 2003.

Ricky Hamidi, et al. Analisis Perbandingan Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor dan Metode Dempster Shafer Pada penyakit Kelinci. 2017. Vol.1 (No.02).

Giarratano, J., Riley G. Expert Systems (Principles and Programming). PWS Publishing Company. Boston. 2005.

Kristanto, Andri. Kecerdasan Buatan. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2004.

Kusrini. Sistem Pakar (Teori dan Aplikasi). Andi Offset. Yogyakarta. 2006.

Kusrini. Aplikasi Sistem Pakar. Andi Offset. Yogyakarta. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.