Sistem Informasi Daya Tarik Pembelian Produk UMKM Home Industri Berbasis WEB

Damayanti Damayanti(1*), Sumiati Sumiati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Home Industri GIUOL Bandar Lampung merupakan salah satu perusahaan UMKM yang bergerak dibidang penjualan keripik pisang. Aktifitas penjualan yang dilakukan masih secara konvensional yaitu penjualan produk masih dititipkan di warung-warung sehingga proses penjualan kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem informasi berbasis web sebagai sarana promosi, pemesanan dan pelayanan pembelian produk pada home industri GIUOL. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam membangun sistem informasi peningkatan daya tarik produk UMKM berbasis web pada Home Industri GIUOL yaitu metode waterfall yang meliputi Communication, Planning, Design, Construction dan Deployment. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan interview. Alat yang dipakai untuk memodelkan sistem adalah Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian yaitu aplikasi untuk meningkatkan daya saing produk dan memperluas media promosi menggunakan website yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Full Text:

PDF

References


Chang, Jinling et all. Modelling E-Commerce Website Quality with Quality Function Deployment. IEEE International Conference on Deployment e-Bussines Engineering. 2009.

Freimut , Bodendorf, dan Florian Lang. Automated Services For Market-Based E-Commerce Transactions. Proceedings of the International Multi Conference of Engineers and Computer Scientists.Hong Kong. 2009. Vol 1: 18-20.

Kristiyanti, Mariana, dan Rahmasari, Lisda. Sistem Informasi Berbasis Web Produk Unggulan Usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Semarang. Seminar Nasional. 2017.

Fadli, Muhammad The Optimization of Employment Policies in Facing The ASEAN Economic Community . Nature . 2014. Vol.3 (2 ): 281

Rosita, Kusasih, dan Istiyanto. Perbaikan Pengelolaan UMKM Guna Pengembangan Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2017. Vol 1: 1-8.

Hariningsih, Endang. Internet Advertisingsebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif. JBMA. 2013. Vol. 1. No. 2:12-16

Wisnubroto dan Freitas, Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan dengan Pendekatan Technology Atlas Project Method. Jurnal Teknologi. 2013. Vol. 6 (2): 161-168.

Nugrahani, D.SE-Commerce untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2011. Vol 1:1-16

Yaakop, A., dan Hemsley-Brown, Jane. Hedonic Pleasure and Social Image: The Effectiveness of Internet Advertising. 2011.Asian Social Science, 9 (1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.