Sistem Informasi Penjualan Keramik Gerabah Online pada UPTD Litbang Purwakarta

Wina Witanti(1*), Inne Wahyuni(2), Irmayanti Irmayanti(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Potensi daerah di kabupaten Purwakarta cukup besar antara lain kerajinan keramik gerabah yang terletak di kecamatan Plered, kerajinan ini masih bersifat home industry. Tidak terintegrasinya informasi pemesanan, produksi dan penjualan keramik mengakibatkan lambatnya transaksi penjualan yang terjadi selama ini. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, maka pengrajin keramik gerabah milik UMKM yang ada di kecamatan Plered ingin berusaha untuk meningkatkan penjualan produk keramik gerabahnya dengan memberikan layanan yang terbaik. Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan akan informasi produk yang dijual dan pemesanan yang dapat dilakukan secara online sehingga dapat dilakukan kontrol produksi keramik dan penjualan keramik agar lebih terstruktur dan jelas. Oleh karena itu dibangunlah sistem yang dapat mengatasi masalah tersebut. Data yang dibutuhkan dalam membangun sistem penjualan ini adalah jenis produk, hasil penjualan, order, stok barang, proses produksi barang, harga barang dan waktu produksi. Pembangunan perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Metode ini memiliki tahap-tahap analisis, perancangan, pengkodean, pengujian dan pengoperasian. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Penjualan pada UPTD Litbang (Unit Pelaksana Teknis Dinas Penelitian dan Pengembangan) Keramik Gerabah Online yang telah dibangun dapat membantu Petugas UPTD Litbang Keramik dalam menangani pemesanan keramik, membantu Petugas UPTD Litbang Keramik dalam memperkenalkan Keramik Plered serta memperluas area pemasaran dengan baik.

Full Text:

PDF

References


W. Witanti, dan Renaldi, F., “Kerangka Kerja Aplikasi Teknologi Informasi sebagai Acuan dalam Pengembangan dan Implementasi Teknologi Informasi Berbasis Cloud pada UMKM Cimahi”, Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Komputer, Universitas Hasanudin, Makassar, 2013.

Himawan, A. Saefullah, S. Santoso, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV. Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif”, Scientific Journal of Informatics ISSN 2407-7658, vol. 1, no. 1, p 53, 2014.

J. H. Mustakini, Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

W. Witanti, D. Siwa’aro, “Sistem Informasi Rumah Lelang pada CV. ABC”, Prosiding Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika, Universitas Pasundan, Bandung, 2016.

S. Budiarto, "Peningkatan Kinerja OHMS (Order Handling Manufacturing System) Melalui Soft Systems Methodology (SSM)", Jurnal Ilmiah Teknik Industri ISSN 1412-6869, vol. 10, no. 2, 2011.

E. M. Sinaga, "Analisis Prosedur Penjualan pada CV. Deli Mitra Lestari Cabang Tebing Tinggi", Jurnal Ilmiah Accounting Changes ISSN 2339-1723, vol. 3, no. 1, pp. 20-26, 2015.

V. N. Nore, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Pemesanan Produk Berbasis Web (Studi Kasus di CV. Richness Development Bandung)", South East Asean Association for Institutional Research International Association of Universities, 2013.

A. Iskandar dan A. H. Rangkuti, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai pada PT. Klaten Bercahaya", Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS ISSN 1978-9483, vol. 3, no. 2, Nopember 2008.

D. Dharmayanti, W. Witanti, dan G. Sulaeman, “Pembuatan Aplikasi Cloud Computing pada Showroom Mobil”, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012), Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2012.

B. Antoni dan M., "Perancangan Aplikasi Penjualan Mobil Bekas di CV. Shandy Motor Berbasis Web", Jurnal TEKNOIF, vol. 1, no. 2, 2013.

Fathansyah, Basis Data (Edisi Revisi), Bandung: Informatika BI- Obses, 2012.

S. Dharwiyanti, R. S. Wahono, Pengantar Unified Modeling Language (UML), ilmukomputer.com, 2013.

F. Y. Eka Saputra dan M. C. J., "Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan IDEF0 dengan Studi Kasus PT. Bank Central Asia Tbk Subang," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 101-200, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.