Aplikasi Peta Jalur Transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans mamminasata Berbasis Mobile Android

Nia Kurniati(1*), Wistiani Astuti(2), Yulita Salim(3), Aslan Poetra Ramadhan(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Transportasi merupakan suatu bidang usaha potensial dalam semua aspek kehidupan untuk mempercepat akses kepada tujuan tertentu. Bus Rapid Transit (BRT) Trans Mamminasata merupakan salah satu transportasi layanan jasa angkutan umum yang nyaman dan terjangkau untuk masyarakat. Upaya dalam mengembangkan Kota Makassar menjadi Kota yang berkembang dan smart city adalah memanfaatkan teknologi dengan memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Teknologi yang sedang marak digunakan dikalangan masyarakat Kota Makassar saat ini adalah teknologi mobile android. Penelitian ini menghasilkan peta jalur transportasi BRT Trans Mamminasata yang berbasis aplikasi mobile android. Pada aplikasi menyajikan informasi ke pengguna tentang keberadaan BRT yang sedang beroperasi dan yang tiba di halte. Fasilitas yang disajikan membantu pengguna dalam memperoleh informasi koridor, halte, dan rute yang dilalui BRT. Hasil Pengujian yang dilakukan menghasikan informasi jarak dan waktu tempuh pada setiap halte yang dilalui dan pada saat pengguna menggunakan layanan transportasi BRT Trans Mamminasata.

Full Text:

PDF

References


Excalanta R, Nataliani Y, Beeh Y. R. Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Bus dengan Metode Round Robin. Skripsi. Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana; 2012.

Onsu R. R. G, Rindengan Y. D. Y, Kambey F. D. Aplikasi Peta Jalur Angkutan Umum Kota Manado Berbasis Mobile Web. E-journal Teknik Informatika. 2016; 9(1): 1-5.

Sari A. D. P, Rancang Bangun Sistem Monitoring Posisi dan Jadwal Kedatangan Bus Rapid Transit Semarang Berbasis Android. Skripsi. Universitas DINUS; 2016.

Nurnawati E. K, Rohmah N. Jogja Transportasi: Pemetaan Jalur Transportasi Publik Berbasis Mobile Sebagai Media Penunjang Potensi Wisata. Jurnal Teknologi Informasi. 2017; 12(35): 1907-2430.

Agustiani, N. H. Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik Terpadu (Sikadu) Terhadap Kinerja Individual Dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang). Tesis. Semarang. Universitas Diponegoro; 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.