Implementasi Weighted Product Untuk Mengukur Indeks Kinerja Kepala Desa Di Kecamatan Pringsewu

Siti Mukodimah(1*), Muhamad Muslihudin(2), Andino Maseleno(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kecamatan pringsewu terdiri dari 5 kelurahan dan 10 pekon yang tiap-tiap pekon dipimpin oleh kepala desa. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur indeks kinerja lurah di Kecamatan Pringsewu menggunakan metode weighted product. Metode Weighted Product dipilih karena mampu menyeleksialternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Fungsi dari metode ini yaitu menentukan nilai bobot untuk setiap alternatif dan kriteria-kriteria penilaian yang telah ditentukan. Terdapat enam kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Mengembangkan sumber pendapatan, Pemberdayaan masyarakat, Kesejahteraan masyarakat, Pelayanan publik, Tingkat pengangguran, dan yang ke Pendapatan perkapita. dari perhitungan alternatif didapat nilai terbesar yang terdapat ada pada V12 dengan nilai 0,1006 dan alternatif A12 adalah alternatif yang terpilih sebagai alternatif kepala desa terbaik dan dinyatakan memenuhi kriteria sebagai kepala desa dengan kinerja terbaik di Kecamatan Pringsewu.

Full Text:

PDF

References


D. Purnamasari, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Sinar Grafika, 2017.

M. R. Maulana, “Penilaian Kinerja Karyawan Di Ifun Jaya Textile Dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighted,” no. 1, pp. 1–12, 2012.

M. Muslihudin, D. Kurniawan, and I. Widyaningrum, “Implementasi Model Fuzzy SAW Dalam Penilaian Kinerja Penyuluh Agama,” J. TAM ( Technol. Accept. Model ), vol. 8, no. 1, pp. 39–44, 2017.

M. Muslihudin, F. Triananingsih, and L. Anggraei, “Pembuatan Model Penilaian Indeks Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting,” SEMNASTEKNOMEDIA, vol. 5, no. 1, pp. 25–30, 2017.

Yoga Handoko Agustin and H. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : Stmik Pontianak),” Semin. Nas. Inform. 2015, pp. 177–182, 2015.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and Retanto Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.