Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Secure Interactive Dengan Learning Management System Berbasis Raspberry Pi

Haris Haris(1*), Muhaimin Hasanudin(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan e-learning secara terencana dapat meningkatkan interaktifitas penggunaan. Karena materi dapat berupa teks, grafik, animasi, simulasi, audio dan video. Dalam prakteknya e-learning diimplementasikan pada jaringan internet. Namun terdapat masalah dalam penggunaan internet seperti terdapat content negatif dan menambah biaya operasional. Umumnya institusi pendidikan menggunakan server e-learning dengan kapasitas cukup besar dengan harga mahal serta biaya perawatannya, maka dibutuhkan rancang bangun sistem Learning Management System (LMS) berbasis Raspberry Pi dengan nama Edufi yang dapat beroperasi dengan hemat daya listrik tanpa harus menggunakan ruangan pendingin, tanpa menggunakan jaringan internet serta aman dari content negatif dan virus komputer. Metode penelitian dengan mengumpulkan data, wawancara, studi pustaka, dan Focus Group Discussion dengan pakar e-learning. Membangun sistem LMS menggunakan metode Waterfall. Hasil rancang bangun sistem dapat memudahkan institusi pendidikan dalam penerapan e-learning secara hemat dan aman dari content negatif serta lebih terlindungi dari virus. Aplikasi dapat diakses melalui web maupun Android.

Full Text:

PDF

References


Wahyuningsih Dian, dkk. E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung. Penerbit Informatika. 2017.

Sani Mukhyar. Dampak Internet terhadap Perilaku Generasi Muda Islam. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah. 2016. Vol. 15 No. 29: 1-13.

Dawood Rahmad, dkk. Kelayakan Raspberry Pi sebagai Web Server:Perbandingan Kinerja Nginx, Apache, dan Lighttpd pada Platform Raspberry Pi. Jurnal Rekayasa Elektrika. 2014; Vol. 11, No. 1: 25-29.

Panuntun Rizal, dkk. Perancangan Papan Informasi Digital Berbasis Web pada Raspberry Pi. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. 2015; Vol.3, No.2: 192-197.

Pressman, Roger, S., 2001, Software Engineering: A Practitioner’s Approach,Fifth Ed. New York,McGraw-Hill Book Company.

Rakhman Edi, dkk.. Raspberry Pi – Komputer Mungil yang Serba Bisa. Yogyakarta, Penerbit Andi. 2014.

Dinata Andi. Physical Computing dengan Raspberry Pi. Jakarta. Penerbit Elex Media Komputindo. 2017.

Ellis, K. Ryann. 2009. A Field Guide to Learning Management System. American Society For Training and Development (ASTD).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.