Analisa Pola Peminjaman Buku di Pepustakaan Universitas Klabat Menggunakan Algoritma Apriori

Green Mandias(1*), Green Sandag(2), Angel Takalumbide(3), Christian Wahongan(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perpustakaan Universitas Klabat merupakan salah satu perpustakaan khusus akademik yang terletak di kampus Universitas Klabat Airmadidi Sulawesi Utara. Menyediakan berbagai macam bahan pustaka seperti buku-buku, literatur, majalah ilmiah, majalah umum, dongeng maupun buku-buku pelajaran lainnya. Tidak hanya itu, Perpustakaan Universitas Klabat juga menyediakan fasilitas yang lain seperti komputer untuk mahasiswa yang biasanya mencari referensi menggunakan akses internet. Salah satu kegiatan yang terjadi dalam kunjungan ke Perpustakaan Universitas Klabat adalah meminjam buku. Setelah dilakukan pengamatan, masalah yang terjadi adalah buku yang sering dipinjam mempunyai tata letak yang tidak strategis sehingga pengunjung perpustakaan yang tidak tau dengan letak penempatan merasa kesulitan dalam mencari buku yang ingin dipinjam. Oleh karena itu, peneliti perlu dilakukan analisa terhadap masalah yang telah dijelaskan sehingga dapat membantu pegawai perpustakaan mengatur tata letak dengan baik. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode data mining dengan proses Knowledge Discovery in Data atau Tahapan-Tahapan Data Mining. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aturan asosiasi berupa pola peminjaman dalam bentuk tabel, grafik dan tulisan yang dapat membantu pegawai perpustakaan mengatur tata letak buku dan mempermudah mahasiswa dalam mencari buku yang ingin mereka pinjam. Peneliti menggunakan algoritma Apriori sebagai pengukur untuk mencari nilai Support dan Confidence.

Full Text:

PDF

References


N. E. Wandi, R. A. Hendrawan and A. Mukhlason, "Teknik Pomits Pengembangan Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori(Studi Kasus : Padan Pepustakaan Keasipan Provinsi Jawa Timur)," vol. 1, no. 1, pp. 1-5, 2012.

A. Azwar , "Analisis Pola Peminjaman Buku Perpustakaan Menggunakan Algoritma Apriori," Jurnal Edit Informatika, vol. 1, pp. 52-56, 2016.

R. Yanto and R. Khoiriah, "Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma dalam Menentukan Pola Pembelian Obat," Citec Journal ISSN : 2354-5771, vol. 2, no. 2, pp. 1-12, 2015.

D. W. Calam, "Penerapan Data Mining untuk Mengolah Data Penempatan Buku di Perpustakaan SMK TI PAB 7 Lubuk Pakam dengan Metode Association Rule," Jurnal SAINTIKOM, vol. 10, no. 2, p. 150, 2011.

K. E. Tampubolon, "Implementasi Data Mining Algoritma Apriori pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan," pp. 1-14, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.