Simulasi Jaringan Virtual Berbasis SDN Pada Topologi Tree

Farniwati Fattah(1*), Mardiyyah Hasnawi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep paradigma Software Defined-Network (SDN) dianggap mampu mengatasi keterbatasan jaringan konvensional saat ini. Arsitektur SDN yang memisahkan antara control plane dan data plane bertujuan agar manajemen jaringan lebih mudah dan fleksibel. Sebuah protokol yang dinamakan OpenFlow menghubungkan kedua plane sekaligus menjalankan fungsi data plane, sedangkan sebuah controller SDN menjalankan fungsi control plane dan terhubung dengan OpenFlow. Untuk menguji konsep SDN, OpenFlow dan Controller akan disimulasikan secara virtual dengan menggunakan topologi jaringan Tree, dengan jumlah switch 4, 8 dan 16. Performansi jaringan virtual yang dijalankan di localhost diukur dengan mencatat nilai delay (latency) pada jaringan. Nilai delay terbesar didapatkan pada konfigurasi jaringan16 Switch karena node yang digunakan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan konfigurasi lainnya. Delay yang didapatkan masih memenuhi standarisasi delay yang diperbolehkan pada jaringan dan jika dibandingkan dengan jaringan konvensional, nilai delay pada jaringan berbasis SDN jauh lebih kecil. Penambahan jumlah switch dan host juga tidak mempengaruhi nilai delay secara signifikan. Hal ini membuktikan performa delay untuk jaringan berbasis SDN jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jaringan konvensional.

Full Text:

PDF

References


Nguyen V-G, Kim Y-H. 2015. SDN – Based Enterprise and Campus Networks : A Case of VLAN Management . Journal Of Information Processing System. ISSN 1976-913X(Print). ISSN 2092-805X(Electronic).

Kreutz D, Ramos F, Verissimo P, Rothenberg C, Azodolmolky, Uhlig S. 2014. “Software Defined Networking : A Comprehensive Survey.

Bernardos C J, Jin Hao, Contreas L M, Zuniga J C. 2013. An Architecture for Software Defined Wireless Networking.

Fattah Farniwati. 2016. Protokol Arsitektur Software Defined Networking (SDN). Proceedings Seminar Nasional Riset Ilmu Komputer. Vol.1, PP 275-279

ON.LAB. 2014. Software Defined Networking (SDN) : Driving SDN Adoption in Service Provider Networks.

Ummah Izzatul, Abdillah Desianto. 2016. Perancangan Simulasi Jaringan Berbasis Software-Define Networking. Indonesian Journal Of Computing. Vol. 1, Issue. 1, PP.95-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.