Prototipe Aplikasi Pengelolaan Arsip Dalam Format Digital Studi Kasus BAAK Stmik Atmaluhur

Sujono Sujono(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Arsip merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu organisasi/perusahaan terutama pada perguruan tinggi khusunya di Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan, sehingga pengelolaan dan pemeliharaan arsip menjadi perhatian khusus agar arsip terawat dengan baik. Akan tetapi masih banyak organisasi/perusahaan yang sistem pengelolaan arsipnya masih manual sehingga harus mempersiapkan ruang penyimpanan khusus agar arsip terhindar dari kerusakan, kehilangan, maupun kesulitan dalam pencarian kembali arsip yang dibutuhkan. Perkembangan teknologi sekarang ini dapat diciptakan untuk membantu berbagai macam pekerjaan manusia termasuk pengelolaan arsip. Pada penelitian ini dirancang prototipe aplikasi pengelolaan arsip untuk mengatasi masalah yang kemungkinan terjadi tersebut. Untuk menganalisa, merancang, dan membangun aplikasi sehingga menjadi suatu bentuk prototipe yaitu dengan menggunakan metodologi UML(Unified Modeling Language) dan model waterfall untuk membangun aplikasi. Dengan memanfaatkan aplikasi pengolah arsip kemungkinan kerusakan, kehilangan, dan kesulitan dalam pencarian arsip dapat dihindari.

Full Text:

PDF

References


Badie Uddin, Rafika Yuni. Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Digital (SIPAD) Berbasis Web Studi Kasus: Bagian Kepegawaian Politeknik TEDC Bandung. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (SEMANTIK) 2015. 2015. Vol.5(2). 83

Drs. Sularso Mulyono, Partono, Agung Kuswantoro. Manajemen Kerasipan, Edisi 1. Semarang:UNNES Press Semarang. 2011.

Hartono, Jogiyanto. Pengenalan komputer: dasar ilmu komputer, pemrograman, sistem informasi dan intelegensi buatan. Yogyakarta : Andi, 1999.

Rolnicki, Tom E. Pengantar dasar jurnalisme (scholastic journalism) / Tom E. Rolnicki, C. Dow Tate, Sherri A. Taylor ; Dialihbahasakan oleh: Tri Wibowo, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.