Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan Subsidi Berdasarkan Kebutuhan Konsumen dengan metode AHP

Sarwindah Sarwindah(1*), Elly Yanuarti(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan perumahan bersubsidi saat ini yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki yang mana perumahan subsidi mulai menjamur, Perkembangan ini tidak hanya terjadi di daerah-daerah tertentu, tapi hampir seluruh daerah khususnya di wilayah pangkalpinang. Penentuan perumahan mana yang harus dipilih oleh konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya harga, lokasi, fasilitas umum, desain rumah dan bangunan dari developer sehingga pengambilan keputusan pemilihan perumahan yang diinginkan oleh konsumen pun masih mengalami beberapa kendala yaitu lambatnya proses pengambilan keputusan tersebut.Hal ini dikarenakan belum adanya metode yang objektif untuk memutuskan pilihan yang cepat berdasarkan data perumahan yang mana yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan mengacu kepada solusi Analytical Hierarki Process ( AHP ) dalam membantu membuat keputusan, seorang decision maker dapat mengambil keputusan tentang perumahan yang sesuai dengan yang dinginkan secara cepat dengan membandingkan semua kriteria yang ada . Berdasarkan hasil analisis dan kuisioner yang telah di edarkan pada responden didapatlah kriteria tertinggi adalah kualitas bangunannya yang kokoh menjadi prioritas utama konsumen.

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto HM, Analisa dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, Andi Offset Yogyakarta, 2010

Turban, E., Decision Support System and Intelligent System, Prentice Hall, New Jersey, 2011

Amardyah Amborowati (2004). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan dengan Metode AHP menggunakan Expert Choice.

Sotir, Sotirov and Andrey, Nenov (2000). Tutorials Expert Choice,Vol. 4 No. 1, Maret 2006, ISSN : 1693 – 5373, Computer Science Journal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.