Perancangan Sistem Informasi Pemeriksaan Obat dan Makanan pada Badan POM di Pangkalpinang berbasis Web

Hilyah Magdalena(1*), Azizah Azuhro(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga pemerintah yang bertugas melakukan regulasi, standardisasi, dan sertifikasi produk makanan dan obat yang mencakup keseluruhan aspek pembuatan, penjualan, penggunaan, dan keamanan makanan, obat-obatan, kosmetik, dan produk lainnya. Di Badan POM Pangkalpinang dalam melakukan pemeriksaan masih manual sehingga petugas Badan POM kesulitan dalam merekap hasil pemeriksaan obat dan makanan di lapangan serta ketidak cocokan data pemeriksanaan dengan hasil penyidikan yang membuat petugas Badan POM memerlukan waktu lama untuk membuat laporan hasil pemeriksaan untuk di sertifikasi oleh Badan POM pusat, maka dirancang dengan metodologi waterfall. Dalam metode waterfall karena tahap demi tahap yang dilalui harus menunggu selesainya tahap sebelumnya dan berjalan berurutan. Metode ini merupakan metode yang sering digunakan oleh penganalisa sistem pada umumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendefinisian masalah, pengumpulan data, analisis sistem, perancangan sistem dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem informasi administrasi penelitian internal seperti analisa masalah, ERD, LRS, spesifikasi basis data, dan rancangan layar sehingga dapat mempermudah proses pemeriksaan obat dan makanan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pengawas Obat dan Makanan, di akses pada tanggal 18 Mei 2017.

Ali, Hapzi dan Wangdra, Tonny. (2010). Sistem Informasi Bisnis “Si-Bis”. Cetakan Pertama, Jakarta: Penerbit Baduose Media.

Nurasiah, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, Jurnal Teknologi dan Rekayasa, Vol. 19 No. 3, Desember 2014, Perencanaan Pengembangan Sistem Informasi

Pembayaran Uang Kuliah Dengan Metode SDLC Waterfall.

Tukino 2016, Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Pengaksessan Dokumen Perakitan PCBA di PT. Surya Teknologi Batam Berbasis Web, TEKNOSI, Vol 02. No.03, Desember 2016, Dosen Program Studi Sistem Informasi, Universitas Putera Batam.

Al Fatta, Hanif. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Aprilia Arisanti, Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Pringsewu Lampung, Desember 2016, Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Berbasis Web

Menggunakan Metode Waterfall Pada Desa Bogorejo Kecamatan Gedongtataan.

Ali, Hapzi dan Wangdra, Tonny. (2010). Sistem Informasi Bisnis “Si-Bis”. Cetakan Pertama, Jakarta: Penerbit Baduose Media.

Husda, Elfi, Nur. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Cetakan Pertama. Penerbit Boduose. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.