Perancangan Virtual Local Area Network (VLAN) Pada Lab Komputer D-III Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro)

Arif Hidayat(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Virtual Local Area Network (VLAN) merupakan sebuah metode yang sering digunakan untuk mendistribusikan beberapa segment jaringan yang berbeda pada perangkat router dengan interface ethernet fisik yang terbatas. Dengan adanya VLAN ini dapat membuat sangat banyak segment LAN dalam sebuah interface. Hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen tanpa bergantung pada lokasi workstation. Kelebihan dari model jaringan dengan VLAN adalah bahwa tiap-tiap workstation/ user yang tergabung dalam satu VLAN dapat tetap saling berhubungan walaupun terpisah secara fisik. Dengan memanfaatkan berbagai teknik, khususnya teknik bridging dan penggunaan hardware yang lebih baik (antara lain router dan switch), maka akan memberikan solusi bagi instansi yang ingin mengembangkan jaringan VLAN. Konsep Virtual Local Area Network (VLAN) inilah yang diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih handal dibanding Local area Network (LAN). Dari penelitian ini dihasilkan sebuah perancangan Virtual Local Area Network (VLAN) pada Lab D-III Sistem Informasi UM Metro. Dua Router Mikrotik (Mikrotik_A_Pusat dan Mikrotik_B_Bawah) mampu menunjukkan fungsionalitasnya yaitu melakukan pemisahan jaringan menjadi sub jaringan. Serta berdasarkan hasil pengujian bahwa VLAN ID: 101 mampu berjalan dan dapat dimpelementasikan pada sisi client PC-Lab Komputer D-III Sistem Informasi UM Metro.

Full Text:

PDF

References


Lukas, Jonathan. (2006). Jaringan Komputer, Graha Ilmu, Jakarta.

Kustanto, 2008, Membangun Server Internet dengan Mikrotik OS, Gava Media.

Norton Peters. (1999). Complete Guide to Networking. Sams, India.

Thamrin, M. M. (2017). Perancangan Simulasi Virtual Local Area Network Pada ICT Center Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Progres, 9(1), 25-31.

Abdurrahman, H. (2017). Analisis Dan Perancangan Jaringan Iain Langsa Berbasis VLAN. Jurnal TIMES, 5(2), 58-62.

Sulaiman, O. K. (2017). Simulasi Perancangan Sistem Jaringan Inter VLAN Routing Di Universitas Negeri Medan. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 2(1), 92-96.

Prasetyo, E. (2016). Perancangan VLAN (VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK) Untuk Manajemen IP Address Pada Politeknik Sekayu. Jurnal TIPS, 1(1), 10-23.

Hidayat, A. (2017). Konfigurasi Server Cloud Storage pada Jaringan LAN pada LAB Diploma III Manajemen Informatika UM Metro. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 7(1).

Hidayat, A. (2016). Implementasi Control Panel Hosting dengan VestaCP pada Server Intranet LAB Multimedia D-III Manajemen Informatika UM Metro. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 6(2).

Hidayat, Arif, Panduan Belajar Mandiri Administrasi Server Jaringan Menggunakan Linux Ubuntu, CV. Laduni Alifatana, Metro Lampung (ISBN: 978-602-1397-56-5)

Hartono, Jorgiyanto, 1999, Pengenalan Komputer, Andi Offset, Yogyakarta

Winarno dan Smitdev, 2014, Membuat Jaringan Komputer di Windows dan Linux, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sinarmata, Janner, 2006, Teknologi Komputer dan Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Komputer, Wahana, 2013, Internet Aman &Sehat, Andi Offset, Yogyakarta

Komputer, Wahana, Administrasi Jaringan dengan Ubuntu 9, Andi Offset, 2009.

Sutanta, Edy, Komunikasi Data dan Jaringan, Graha Ilmu, 2005.

Sugeng, Winarno, Jaringan Komputer dengan TCP/IP, Modula, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.