Protocol (VRRP) Dan CISCO Hot Standby Router Protocol (HSRP)

Firmansyah Firmansyah(1*), Mochamad Wahyudi(2), Rachmat Adi Purnama(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebuah jaringan berbasis redundancy adalah sistem jaringan yang digunakan untuk melakukan backup jaringan jika terjadi sebuah permasalahan pada jaringan serta untuk mengantisipasi gangguan dalam kasus kegagalan perangkat jaringan khususnya permasalahan pada jaringan lokal yang terkoneksi langsung menggunakan alamat gateway. Dengan menggunakan redundancy¬łclient akan terkoneksi menggunakan alamat IP virtual. Adapun hasil pengukuran dari parameter packet loss terhadap jaringan VRRP jika terjadi permasalahan pada router master dan berpindah akses ke router backup lebih unggul dibandingkan dengan jaringan HSRP yaitu VRRP 0,8% sedangkan HSRP 2%. Namun, perpindahan router backup to master jaringan HSRP lebih unggul dibandingkan dengan jaringan VRRP yaitu VRRP 1,2% sedangkan 0,7%. Sedangkan untuk analisis fail over master to backup pada jaringan VRRP dan HSRP memiliki nilai delay yang sama sebesar 03Ms. Sedangkan fail over backup to master jaringan HSRP lebih unggul dibandingkan dengan jaringan VRRP yaitu HSRP sebesar 01Ms sedangkan VRRP 10Ms. Dari hasil data diatas dapat dilihat bahwa redundancy HSRP lebih unggul dibandingkan dengan redundancy VRRP.

Full Text:

PDF

References


Tony Brando. Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) dan Hot Standby Router Protocol

(HSRP) pada jaringan multihoming BGP. Jakarta. Bina Nusantara; 2014.

P. Rajamohan. An Overview of Virtual Router Redundancy Protocol Techniques and Implementation for Enterprise Networks. 2014; Vol (1):554.

David Clear, Tim Michels, Jim Cathey. Method and Apparaturs for Multi-protocol Redundant Router Protocol Support. US2001/0048661 A1 (United States Patent Application Publication). 2001.

Todd Lammle. CCNA Routing and Switching Review Guide. San Francisco: Sybex. 2014:704.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.