Sistem Deteksi Penyusupan Gedung Berbasis IoT

Rawan Djunaedy Sakam(1*), Muhammad Tirta Mulia(2), Muhammad Sudarsono(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu komponen gedung cerdas adalah keamanan. Dalam hal keamanan, kemampuan untuk mendeteksi penyusupan secara otomatis merupakan fitur yang harus ada pada gedung cerdas. Selain perangkat lunak, sistem deteksi ini membutuhkan perangkat keras yang perlu disesuaikan dengan kondisi fisik dari area yang diobservasi seperti ruangan tertutup, ruangan terbuka, pagar dengan permukaan yang rata dan pagar tidak rata. Artikel ini menganilisis kebutuhan pengembangan dan implementasi sistem deteksi penyusupan yang meliputi perangkat keras (sensor, platform microcontroller, single board computer), perangkat lunak (pengembangan dan automation framework) serta protokol komunikasi yang berbasis IoT. Tipe area observasi meliputi ruangan dan pagar. Dari hasil implementasi disimpulkan bahwa dengan perangkat keras yang tersedia di pasar saat ini dan dengan framework home automation terbuka dapat digunakan untuk mengembangkan sistem deteksi penyusupan di gedung dan dengan konsep IoT pemantauan bisa dilakukan secara realtime dan berbasis web yang bisa diakses dimana saja.

Full Text:

PDF

References


N. O. Negara and A. Rahman, "Perancangan Active Surveillance Camera dalam Otomasi Pengawasan Gedung," Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, 2011.

A. K. Dennis, Raspberry Pi Home Automation with Arduino, Birmingham: Packt Publishing, 2015.

B. Underdahl, The Internet of Things for Dummies, KORE Wireless Edition, Hoboken New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2014.

G. Z. M. B. Lukas Smirek, "Just a Smart Home or Your Smart Home – A Framework for Personalized User Interfaces Based on Eclipse Smart Home and Universal Remote Console," in Procedia Computer Science, London, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.