Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif dengan Dukungan Web Service Studi Kasus: Fakultas Teknik Unpas

Muhammad Tirta Mulia(1*), Hendra Komara(2), Sandra Islama Putra(3), Ferry Mulyanto(4), Fikry Subarkah(5)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem informasi eksekutif (SIE) berupa aplikasi dashboard memudahkan bagi penggunanya dalam hal ini pimpinan organisasi untuk mengetahui kondisi organisasinya secara cepat sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat pula. Selain memberikan keuntungan, penerapan SIE ini juga memiliki kekurangan, yaitu besarnya biaya implementasi, melambanya sistem dan dampak terhadap keamanan data. Artikel ini membahas mengenai pengembangan SIE yang mengambil studi kasus di Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Item-item informasi berdasarkan prototipe SIE hasil dari penelitian sebelumnya. SIE yang dikembangkan terdiri dari sistem antarmuka pengguna berbasis web dan sistem data feeder berbasis web service. Pendekatan ini terbukti menghindarkan kekurangan dalam implementasi SIE yang telah disebutkan di atas.

Full Text:

PDF

References


U. Aryanti and S. A. Majapahit, "MODEL KELAS DATA UNTUK MANAJEMEN EKSEKUTIF di PERGURUAN TINGGI," in KNSI 2012, Bali, 2012.

M. M. Azad, M. B. Amin and Alauddin, "Executive Information System," International Journal of Computer Science and Network Security, vol. 12, no. 5, pp. 106-110, 2012.

C. &. D. J. Britton, Object-Oriented Systems Development, McGraw-Hill, 2001.

E. Cerami, Web Service Essential, CA: O'Reilly, 2002.

H. Kreger, Web services Conceptual Architecture, IBM Software Group, 2001.

T. S. Group, "Defining Web Services," The Stencil Group, 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.