Analisa Perbandingan Metode SAW, WP dan TOPSIS Menggunakan Hamming Distance

Ajenkris Kungkung(1*), Rahmat Haryadi Kiswanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam suatu organisasi dimana pengambilan keputusan masih dilakukan secara konvensional masih terdapat kendala-kendala dari sisi objektivitas terhadap hasil akhir putusan. Perlu adanya suatu sistem pendukung keputusan (SPK) yang menggunakan metode matematis yang sudah teruji dalam penerapannya diantaranya yaitu metode TOPSIS, SAW dan WP yang menggunakan multi kriteria terbobot dalam proses perhitungannya, maka perlu dilakukan suatu pengujian perbandingan terhadap ketiga metode tersebut terhadap model konvensional yang diterapkan oleh suatu organisasi dalam mengambil keputusan. Metode Haming Distance diterapkan dalam proses perbandingan terhadap ketiga metode SPK. Haming Distance bekerja dengan cara memberikan nilai seberapa dekat jarak yang dihasilkan antara metode SPK dengan metode penilaian konvensional yang dilakukan oleh suatu organisasi dan data yang digunakan dalam perhitungan perbandingan ini adalah data seleksi penerimaan siswa SPP Pertanian Negeri Kupang. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa metode SAW dan TOPSIS memiliki hasil lebih dekat dengan keputusan penerimaan siswa baru pada SPP Pertanian Kupang dibanding metode WP.

Full Text:

PDF

References


H. Niakan, M. Zowghi, dan A. Bakhshandeh-Fard,.A fuzzy objective and subjective decision making method by non-linear normalizing and weighting operations. in Proceedings of the Interna- tional Conference on Management and Service Science. Wuhan,China. 2011; hal.1-4.

Y. H. Chang, C. H. Yeh, dan Y. W. Chang, A new method selection approach for fuzzy group multicriteria decision making. Applied Soft Computing. 2013; vol. 13, no. 4: hal.2179–2187.

A. Afshari, M. Mojahed, dan R. M. Yusuff. Simple additive weighting approach to personnel selection problem. International Journal of Innovation, Management and Technology. 2010; vol.1 no. 5: hal. 511–515..

R. Alfita. Perancangan sistem pendukung keputusan penentuan prioritas produk unggulan daerah menggunakan metode Weighted Product (WP). Prosiding Seminar Competitve Advantage. 2011; vol.1.

A. Kelemenis dan D. Askounis. A new TOPSIS-based multi-criteria approach to personnel selection. Expert Systems with Application. Athens. 2010; vol.37: hal.4999-5008.

E.N.S. Purnomo. Analisis Perbandingan Menggunakan Metode AHP, TOPSIS dan AHP-TOPSIS Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Program Akselerasi. Surakarta, Universitas Sebelas Maret; 2013

A.A. Yusuf. Analisa Perbandingan Metode Gabungan AHP-TOPSIS dengan Metode TOPSIS. Gorontola, Universitas Negeri Gorontalo; 2014.

A.Y. Saputra. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Nomor Urut Caleg dengan Metode SAW. Yogyakarta, STIMIK AMIKOM; 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.