Aplikasi Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web Pada PD. BPR Kerta Raharja Cabang Balaraja

Sugeng Santoso(1*), Nur Azizah(2), Afrilia Astari(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PD. BPR Kerta Raharja Cabang Balaraja adalah suatu bank yang mengoperasikan sistem komputer dalam kegiatan pelayanan perbankannya.Banyak program pelayanan yang diberikan bank tersebut kepada para nasabah salah satunya adalah kegiatan pengajuan dan pemberian kredit, dimana suatu program yang dikelola oleh bank tersebut.Namun dalam sistem pengajuan kredit yang sedang berjalan masih belum terkomputerisasi. Dalam pelayanan pengajuan kredit karena masih menggunakan sistem manual yaitu penggunaan kertas dalam proses pengajuan kredit. Ketika terjadi kesalahan dalam pencatatan dalam sebuah kegiatan operasional bank akan terganggu, akibatnya ada pihak yang merasa dirugikan, terutama pada proses laporan. Sehingga menimbulkan data yang tidak akurat, dan tidak relevan sehingga proses pelayananpun akan menjadi terhambat.Dengan demikian, adanya kebutuhan sistem informasi yang semakin lama semakin meningkat, maka diperlukan sistem yang baik agar memudahkan semua proses.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis PIECES untuk menganalisa sistem yang dibutuhkan.Sistem yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk membuat database, dreamweaver untuk desain dan UML (Unified Modelling Language) untuk model sistem.Hasil penelitian ini berupa Sistem Informasi Pengajuan Kredit yang berbasis web. Dengan adanya sistem ini dapat mempercepat proses pengajuan kredit serta menjadi lebih akurat dalam informasi yang diperoleh.

Full Text:

PDF

References


Maimunah. David Ericson Manalu. Dian Budi Kusuma. 2017. Perancangan Prototype Visual pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi pada PT.Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN: 2302-3805.

Kasmir. 2014. Dasar-Dasar Perbankan – Edisi Revisi 2014. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Iskandar, Syamsu. 2013. Akuntansi Pebankan Dalam Rupiah dan Valuta Asing. Jakarta: IN MEDIA.

Simbolon, Julyefin. 2014. Pengajuan Aplikasi Kredit Padapt. Bank Perkreditan Rakyat Tiur Ganda Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. STMIK Palcomtech Palembang.

Purwatiasih, Dwi A. Anantawikrama T.A. Nyoman T.H. 2014. Analisis Pengendalian Internal Dalam Pemberian Kredit Pada PT. BPR Kanaya. Universitas Pendidikan Ganesha.

Supriyatna, Adi. 2014. Sistem Informasi Pinjaman Dana dan Pembelian Barang Secara Kredit Berbasis Web. AMIK BSI Karawang: Jurnal Paradigma Vol. XVI No. 2, September 2014.

Nuraeni, Fitri. Ujang Falah P. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : PT BPR Arta Jaya Mandiri Tasikmalaya). STMIK Tasikmalaya.

Puspitasari, Diah. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Berbasis Web. AMIK BSI Bekasi: Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol. XI No. 2, September 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.