Pembuatan Rhythm Game Pada Android Menggunakan Aplikasi Construct 2 (Studi Kasus: Game Symphony Angklung)

Erik Erik(1*), Aldian Rahmanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Rhythm Game adalah genre dari game berbasis musik dimana pemain melakukan tindakan spesifik tertentu dalam menanggapi isyarat audio dan visual. Sudah banyak Rhythm Game di android yang bertema alat musik gitar, seperti Guitar Flash, bertema alat musik piano, seperti Piano Tiles, namun belum ada Rhythm Game yang bertema alat musik angklung. Angklung adalah alat musik bambu yang dimainkan dengan cara digetarkan. Suara yang dihasilkan adalah efek dari benturan tabung-tabung bambu yang menyusun instrumen tersebut. Angklung umumnya dikenal berasal dari daerah Jawa Barat. Oleh karena itu akan dibuat sebuah Rhythm Game yang bertema alat musik angklung pada android bernama Symphony Angklung menggunakan aplikasi Construct 2 yang akan diterapkan pada smartphone android. Pembuatan game menggunakan metode Game Architecture And Design, yang dibuat oleh Andrew Rollings dan Dave Morris. Tipe game ini adalah action game, dan genre game ini adalah Rhythm Game. Hasil dari penelitian ini adalah game yang bernama Symphony Angklung yang akan diterapkan pada smartphone android. Game ini berisi tantangan untuk menyelesaikan setiap ritme yang ada pada lagu di setiap stage.

Full Text:

PDF

References


Peng, Philip And Lane, Stephen, “Designing Rhythm Game Interfaces For Touchscreen Devices”, University Of Pennsylvania, PA, 2011.

Seputarti, “Pengertian Dan Tingkatan Versi Android”, tersedia : November 2016,

http://seputarti.com/android/pengertian-dan-tingkatan-versi-android.html,

Gedebuk, “Construct 2: Menggerakkan Karakter Tanpa Programming”, tersedia : November 2016, http://gedebuk.org/construct-2-menggerakkan-karakter-tanpa-programming, 2016.

Kebudayaanindonesia, “Angklung”, tersedia : November 2016,

http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/826/angklung, 2016.

Rollings, Andrew And Morris, Dave, “Game Architecture And Design: A New Edition”, New Riders Publishing, USA, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.