Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : Madrasah Ibtidaiyah Condong)

Deny Erwandi(1*), Evi Dewi Sri Mulyani(2), Ade Sutisna Senjaya(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru adalah pendidik yang memiliki tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Penilaian kinerja guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap kegiatan tugas utama sebagai guru. Tujuanya adalah untuk menilai kinerja guru dalam menerapkan semua kompetensi pada proses pembelajaran, pembimbingan pada satuan pendidikan sekolah/madrasah serta sebagai dasar dalam perencanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru.Pada Madrasah Ibtidaiyah Condong penilaian kinerja dilakukan terhadap beberapa guru dengan proses pengolahan data penilaian kinerja guru masih semi-terstruktur sehingga membutuhkan waktu, cenderung terjadinya input data secara berulang serta kesalahan dalam input data, penyimpanan data yang kurang efisien mengakibatkan proses pencarian data menjadi lebih lama serta penilaian yang sedang berjalan belum mendukung dalam pengambilan keputusan terhadap penilaian kinerja guru sehingga pihak sekolah kesulitan dalam menentukan prestasi serta mengevaluasi kinerja guru secara keseluruhan.Berdasarkan hal tersebut, penulis membangun sistem pendukung keputusan penilaian kinerja guru menggunakan metode weighted product. Sistem ini dibangun dengan aplikasi berbasis web dan database mysql. Diharapkan sistem yang dibangun dapat memberikan informasi penilaian kinerja guru secara perorangan dan keseluruhan sebagai dasar penentuan prestasi dan evaluasi kinerja guru serta proses penilaian yang lebih efektif.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010.

Kemendikbud. 2012. Pedoman Pelaksanaan Kinerja Guru.

Yoga Handoko Agustin, Hendra Kurniawan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : STMIK Pontianak) Seminar Nasional Informatika 2015:177-182

Turban, E. Aronso dkk, 2005, Decision Support Systems and Intelligent System.New Jersey: Peorson Education Inc.

Dicky Norfansyah, S.Kom. M.Kom, 2014, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta, Deepublish.

Nana Yulia Fitri, Nurhadi. Analisis Dan PeracanganSistem Penmdukung Keputusan Penilaian kinerja Guru denganMenggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada SMK Yadika Jambi.Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol.2, No.1, Maret 2017: 318-326 ISSN: 2528-0082.

Kusumadewi, S, 2006, Fuzzy Multi attribute decision making, Yogyakarta, Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.