Identifikasi Kemampuan Literasi InformasiMahasiswa di Universitas X

Asep Somantri(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bentuk informasi yang disajikan melalui teknologi informasi saat ini sudah menjadi salah satu jalan utama untuk menuntun masyarakat khususnya Mahasiswaagar bisa menentukan sikap yang diinginkan oleh penyebar informasi terhadap suatu entitas tertentu yang berupa objek maupun kejadian/tragedi. Mudahnya akses masyarakat terhadap informasi telah membuka peluang yang luas terhadap maraknya penyebaran informasi yang tidak benar (hoax), ujaran kebencian, dan ajakan beropini negatif. Hal tersebut harus bisa mendorong Mahasiswa agar terampil dan berhati-hati dalam menerima informasi, dan menggunakan teknologi informasi dengan bijak demi menempatkan smart people in the smart city. Oleh karenanya kemampuan literasi informasi Mahasiswa perlu dimaksimalkan, namunlangkah awal yang dapat dilakukansaat ini adalah mengenali terlebih dahulu kemampuan Mahasiswa dalam menyelesaikan masalah informasi (Information Problem Solving).Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi untuk mengenalikemampuanliterasi informasi Mahasiswa. Makalah ini menjelaskan tentang kemampuan Mahasiswa dalam menerima informasi dengan cara mengamati ketepatan langkah-langkah yang ditempuh olehnyamenggunakan metode The Big6.

Full Text:

PDF

References


Wang De. Analysis and Detection of Low Quality Information in Social Network. ICDE Workshops. 2014:350-354.

Chien Te-King. A Systematic Information Problem-Solving Process. 10th International Conference on e-Commerce with Focus on e-Tourism. 2016: 1-7.

Eisenberg M. B., Berkowitz R. E. Teaching Information and Technology Skills: The Big6 in Secondary School. Ohio: Linworth Publishing, 2000.

Wolf S., Brush T., The Big Six Information Skills as a Metacognitive Scaffold: A Case Study. School Library Media Research. 2003; Vol 6: 1-24


Refbacks

  • There are currently no refbacks.