Pemetaan Fungsional Untuk Model e-Kolaborasi Pada Sistem Layanan KP dan TA

Iwan Kurniawan(1*), Sali Alas Majapahit(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi terbukti membawa banyak perubahan dan menawarkan berbagai keunggulan seperti: less paper, less time, less cash, less complexity. Penggunaan sistem informasi jadi salah satu pemanfaatan teknologi yang sangat krusial di perguruan tinggi. Namun pada kenyataannya, sistem informasi di perguruan tinggi dikembangkan secara parsial oleh unit-unit di dalam perguruan tinggi. Pengembangan sistem dilakukan secara mandiri berdasar pada pemenuhan kebutuhan di unit tersebut. Hal ini menyebabkan banyak perbedaan pada format dan spesifikasi di satu unit dengan unit yang lain, bahkan dengan unit pusat di perguruan tinggi, misalnya format data, proses dan lainnya. Penelitian dilatarbelakangi belum adanya sistem kegiatan Kerja Praktek (KP) dan Tugas Akhir (TA) yang terintegrasi, yang dapat memudahkan para staf administrasi dan mahasiswa dalam mengelola kegiatan Kerja Praktek dan Tugas akhir. Dari hasil pantauan dan pengalaman penulis mahasiswa membutuhkan waktu relatif lama dalam pegurusan persyaratan Kerja Praktek dan Tugas Akhir, serta lambatnya proses administrasi dalam pengelolaan nilai seminar dan sidang, termasuk administrasi kelulusan. Penelitian dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-Kolaborasi untuk penanganan kegiatan Kerja Praktek dan Tugas Akhir. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi kelayakan, analisis persoalan dan kebutuhan aplikasi, perancangan, pembangunan aplikasi, serta implementasinya. Aplikasi dibangun disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik di lingkungan Fakultas Teknik Unpas, dengan memanfaatkan konsep paperless. Penelitian masih dalam progres pengerjaan, dengan hasil sementara adalah pemetaan fungsional untuk mendukung model kolaborasi yang akan digunakan pada sistem layanan KP dan TA.

Full Text:

PDF

References


Herdiani, Anisa., “Perancangan Ensiklopedia dalam Pengembangan Collaborative Environment, Tesis, 2009.

Wikipedia, 2014, ”Kantor Virtual”, (online) http://id.wikipedia.org/wiki/KantorVirtual. Diakses tanggal 12 November 2016.

Kolfschoten, L. Gwendolyn, Jan De Vreede Gert, “A Design Approach for Collaboration Processes : A Mltimethod Design Science Study in Collaboration Engineering”, 2009.

Santosa, Insap, “Interaksi Manusia dan Komputer”, C.V Andi Offset, 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.