Media Pembelajaran untuk Anak MDVI/Deafblind

Bety Etikasari(1*), Ika Widiastuti(2), Trismayanti Dwi Puspitasari(3), Fachruziah Fachruziah(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


MDVI/Deafblind adalah anak dengan tunanetra sekaligus tunarungu. Anak ini mengalami kehilangan indera utama yaitu penglihatan dan pendengaran yang paling berperan membawa informasi dalam kehidupan manusia. Dampak dari hilangnya kedua indera tersebut menyebabkan seseorang mengalami banyak tantangan dalam belajar, sehingga dibutuhkan media pembelajaran untuk membantu anak Deafblind melakukan suatu kegiatan secara mandiri. Media pembelajaran yang dikembangkan Berbasis Android. Hasil dari media pembelajaran ini adalah materi kegiatan yang dilakukan anak setelah melakukan praktek. Materi menggunakan gambar sebagai simbol dari suatu proses kegiatan anak, suara dan tanda getar pada perangkat sebagai pendukung. Media pembelajaran untuk anak namun tetap dengan bimbingan baik pendidik maupun orang tua.

Full Text:

PDF

References


Irsyadi FY, Rohmah A N. Pemanfaatan Augmented Reality untuk Game Edukasi bagi Anak Autis Tingkat SD di Rumah Pintar Salatiga. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. 2017; 8(1):91-98.

Purnomo, dkk. Pembuatan Game Edukasi Petualangan Si Gemul Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya pada Anak. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. 2016; 7(2):619-626.

Rahadi, dkk. Perancangan Game Math Adventure sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. 2016; 4(1):44-49.

Rudiyati, dkk. Identifikasi Kebutuhan Pembelajaran bagi Anak Multiple Disabilities Visualy Impairment (MDVI) secara Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 2015; 8(2):68-80.

Weningsih, dkk. Panduan Pengembangan Kurikulum dan Program Pembelajaran bagi Siswa MDVI/Deafblind. Jakarta: Perkins Internasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.